AdvedtorialGorontalo

Museum Purbakala Gorontalo Tingkatkan SDM Aparatur Melalui Pelatihan Jurnalistik

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Museum Purbakala Gorontalo tingkatkan sumber daya manusia (SDM) aparatur melalui pelatihan jurnalistik. Kegiatan itu diharapkan bisa memaksimalkan penyebarluasan informasi museum kepada publik.

Pelatihan jurnalistik disampaikan oleh Pranata Humas Ahli Muda Dinas Kominfo dan Statistik Ismail Giu. Dikuti oleh para kepala seksi dan staf ASN di lingkup UPTD Museum Purbakala.

Selain materi dasar dasar jurnalistik, pelatihan diisi dengan simulasi membuat berita dan diskusi pembuatan konten di media sosial.

Kepala Museum Purbakala Mely Mohamad menjelaskan, UPTD di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo itu perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat. Terlebih arus informasi kini semakin cepat dengan penggunaan media sosial. Sosialisasi diharapkan bisa menambah gairah warga ke museum.

“Salah satu fungsi museum untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan sejarah dan budaya Gorontalo. Apalagi sekarang sudah era digital, kita berharap produksi informasi baik dalam bentuk berita maupun konten sudah semakin banyak di website dan media sosial,” kata Mely saat membuka Pelatihan Jurnalistik yang berlangsung di Museum Purbakala, Jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut katanya, hampir setiap hari Museum Purbakala dikunjungi oleh siswa dan masyarakat umum. Sejumlah acara juga digelar sebagai bagian dari edukasi. Hal tersebut diharapkan bisa tersampaikan kepada publik dengan pengelolaan informasi yang baik.

“Bagaimana cara menulis yang baik, bagaimana supaya konten video dan foto disajikan secara menarik itu yang ingin kami ketahui,” imbuhnya. (adv/noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button