Jawa TengahTegal

Mutasi Kepala Lapas Slawi, Winarso Ditugaskan ke Nusakambangan Digantikan Karyono

BeritaNasional.ID | TEGAL, JATENG – Mutasi jabatan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Slawi (Lapas Slawi), sebagai bentuk penyegaran terhadap pejabat di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Pelaksanaan pisah sambut Kepala Lapas Slawi dilaksanakan di Aula Lapas Slawi, Jl. Raya Mejasen, Tegalandong, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jum’at (20/10/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Lapas Slawi yang lama, Winarso, A.Md.IP., SH.,MH mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh semua pihak di Kabupaten Tegal.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Forkopimda Kabupaten Tegal dimana selama 1 tahun 11 bulan sebagai Kalapas Slawi sudah sangat terbantu. Dan selanjutnya di promosikan sebagai Kalapas yang bertugas di Lapas Kembang Kuning Nusa Kambangan,” ungkap Winarso.

Dijelaskan pula, bahwa selama menjabat sebagai Kalapas Slawi, ia sudah berhasil membuat program inovasi baik secara pembinaan mental maupun ketrampilan bagi warga binaan, termasuk pembangunan infrastruktur.

“Alhamdulillah program yang berhasil saya jalankan diantaranya pembinaan mental bagi warga binaan, ketrampilan tenun, serta ketrampilan bercocok tanam Pisang Cavendish,” ucapnya.

Selain itu, Winarso juga berhasil membangun blok hunian baru sehingga kapasitas daya tampung dari 180 orang menjadi 272 orang.

“Kami juga ada program kepribadian dengan menyediakan ruangan media yang belum dimiliki lapas manapun, program itu sebagai sarana bagi warga binaan untuk memperoleh hiburan,” terang Winarso.

Sementara Kepala Lapas Slawi yang baru Karyono, Bc.IP.,SH menjelaskan, akan meneruskan program Kalapas sebelumnya. Termasuk akan melakukan pemetaan permasalahan yang ada di Lapas Slawi.

“Untuk mencapai target yang diharapkan tentunya membutuhkan dukungan dari semua stakeholder yang ada di Kabupaten Tegal,” ujar Karyono.

Terkait persiapan Pemilu 2024, Karyono menegaskan bahwa sebagai ASN dirinya akan tetap bersikap netral. Selain itu ia juga akan memberikan hak kepada warga binaan dalam menyalurkan hak pilih.

“Proses tahapan Pemilu 2024 sudah berlangsung lama di lapas maupun rutan, mulai dari pencatatan daftar pemilih hingga sosialisasi, termasuk kelengkapan untuk persiapan pemungutan suara juga sudah dikoordinasikan,” jelasnya.

Hadir dalam acara pisah sambut Kalapas Slawi, diantaranya Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Tegal, Afifudin mewakili Bupati Tegal, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal Suyanto, SH.,MH, Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman, serta beberapa pejabat lainnya.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button