PemerintahanSinjai

Optimis Siapkan SDM yang berkualitas, 652 Nakes Sinjai Ikuti Tryout CASN PPPK

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Pemkab Sinjai bekerja sama dengan Macca Panrita Kitta Fundation, Bintaro Learning Center (BLC) dan Himpunan Tenaga Sukarela Kesehatan (Himteskes) menggelar tryout CASN PPPK, Selasa, (20/6/2023) siang.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Pertemuan Sinjai, resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan dr. Emmy Kartahara Malik, Direktur RSUD dr. Kahar Anies dan Ketua Macca Panrita Kitta Fundation M. Zuhri Nathar.

Adapun Pesertanya berasal dari 652 tenaga kesehatan (Nakes) Non ASN baik dari Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.

Tryout ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan tenaga sukarela kesehatan untuk mengikuti CASN PPPK agar memiliki kompetensi yang berkualitas saat perekrutan nantinya.

Kuota yang diperuntukkan di bidang kesehatan tidak dinikmati atau diisi oleh orang dari luar Kabupaten. Terlebih, Sinjai memiliki tenaga Non ASN yang selama ini mengabdi sekian tahun. Demikian yang di sampaikan oleh Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.

“Sesuai dengan amanat bapak Bupati bahwa kuota yang diperuntukkan bagi Nakes harus dijaga, sehingga langkah-langkah yang kami ambil bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD yaitu dengan melaksanakan bimbel atau tryout bersama Macca Panrita Kitta Fundation dan Bintaro,” Tuturnya

Ia meyakini dua lembaga ini yang punya pengalaman dan kemampuan dalam hal membuat sistem, tentu bisa meringankan beban tenaga kesehatan dalam mempersiapkan diri dengan baik.

Terlebih hal ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mempersiapkan diri menjadi abdi negara nantinya.

“Harapan kita dengan bimbel ini, mereka sebanyak mungkin biasa lolos PPPK dan tidak menutup kemungkinan mereka juga biasa melirik kuota-kouta yang ada di Kabupaten lain. Yang pasti kita siapkan pemuda-pemudi Sinjai yang biasa bersaing pada rekrutmen PPPK,” harapnya

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa telah mengusulkan formasi kesehatan sekitar 300 orang. Meski jumlah itu belum final tetapi dia juga mengungkap, jika Bupati akan terus mengawal formasi untuk Kabupaten Sinjai.

“Yang pasti bahwa Pak Bupati yang mengawal langsung. Beliau yang terus berusaha berkomunikasi dengan Kemenpan, KASN, BKN agar kouta PPPK ini bisa bertambah,” ungkapnya

Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai jauh sebelumnya sudah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk mengisi kouta formasi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), salah satunya di bidang Kesehatan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button