Daerah

Paling Pas Koalisi Keumatan Usung Prabowo – Gatot Di Pilpres 2019

BeritaNasional.ID Jakarta – Koalisi Keummatan yang digagas Habib Rizieq Shihab paling pas menjadikan Prabowo-Gatot Nurmantyo sebagai pasangan capres/cawapres dalam Pilpres 2019. Pasangan tersebut dinilai mampu untuk merekatkan persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia yang belakangan ini semakin menipis.

“Ini untuk menghindari perpecahan di dalam tubuh koalisi, sendiri,” kata Direktur Eksekutif Institut NKRI Agung Mattauch kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Agung menuturkan, potensi perpecahan pada koalisi keummatan yang terdiri dari Gerindra, PKS, PAN dan PBB memang sangat dimungkinkan mengingat para parpol masih berkeras menyodorkan ketum masing masing dalam paket capres/wacapres. Potensi perpecahan tersebut berdampak akan melemahkan semangat keummatan yang menjadi komitmen koalisi.

Agung menampik pendapat yang menyebutkan pasangan Prabowo-Gatot tidak mencerminkan semangat keummatan yang lebih menginginkan koalisi miiter-sipil. “Sekalipun Prabowo-Gatot mempunyai latar belakang yang sama dari militer, namun keduanya sudah teruji dekat dengan umat Islam. Ini kuncinya,” jelasnya.

Agung mengharapkan pilihan jangan dilihat secara kasat mata. Sama halnya ketika disodorkan pilihan apakah lebih memilih tokoh militer berwatak sipil, atau sipil yang berwatak militer. “Jadi tidak masalah koalisi keummatan nantinya dipimpin dari pasangan yang keduanya mempunyai latar belakang militer, selama pro sipil, pro umat Islam,” ujarnya.

Dalam polling yang dilakukan Institut NKRI, Maret lalu, mayoritas responden memang menginginkan pasangan capres/cawapres mendatang adalah pasangan militer-sipil atau pasangan militer-sipil. “Yang nggak laku pasangan sipil-sipil,” kata Agung. (dki1/bn.id)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close