AdvedtorialEks Keresidenan Madiun

Panen Raya, Pemkab Ngawi Dukung Ketahanan Pangan Nasional

BeritaNasional.ID, Ngawi, Jatim – Berhasil dalam produktivitas dan surplus padi tertinggi menjadikan Kabupaten Ngawi didaulat sebagai lumbung pangan untuk ketahanan pangan nasional. Apalagi, disaat kemarau berkepanjangan Pemerintah Pusat bersama jajaran TNI Polri melalukan sejumlah strategi satunya gerakan ketahanan pangan nasional yang dipimpin Wakil Presiden RI Maruf Amin dilaksanakan secara hybrid di 300 lebih titik termasuk Kabupaten Ngawi, Rabu (01/11/2023) di Area Persawahan Desa Sukowiyono Kecamatan Padas.

Dalam gerakan ketahanan pangan di Kabupaten Ngawi ini dilaksanakan dengan melakukan panen raya bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Sekda Provinsi Jatim Adhy Karyono, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Danrem 081 DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko serta jajaran Forkopimda Ngawi.

Disampaikan Bupati Ngawi produktivitas padi selama satu tahun mencapai 900-912 ton dengan luas lahan kurang lebih 50 ribu hektar,” Meskipun terjadi kemarau panjang tetap bisa mendukung ketahanan pangan, ini juga tidak lepas dari program Elfarm (Elektricity For Farming) atau listrik masuk sawah, dari total 22 ribu sumur 17 ribu diantaranya sudah menggunakan tenaga listrik”, ujarnya.

Selain itu produktivitas yang tinggi juga tidak lepas dari inovasi pertanian ramah berkelanjutan dengan mengaplikasikan pertanian organik, ” Di Desa Sukowiyono ini 70 persen lahannya sudah menggunakan pupuk organik, petaninya sendiri juga sudah bisa membuat pupuk orgamik sendiri, sehingga petani tidak khawatir akan kelangkaan pupuk subsidi”, imbuhnya.

Untuk terus mendukung Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam upaya mewujudkan lumbung padi nasional, Kodam V Brawijaya telah menerjunkan para Babinsa untuk melakukan pendampingan pertanian bagi para petani, khususnya pertanian ramah lingkungan. Hal itu disampaikan Pangdam V Brawijaya disela-sela jumpa pers.

“Seluruh Babinsa kita kerahkan untuk melakukan pendampingan dalam produktivitas pertanian padi di Kabupaten Ngawi. Selain mengembangkan pupuk mikro organisme cair untuk pertanian ramah lingkungan,” kata Mayjen TNI Farid Makruf  (Is/adv/kominfo)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button