Ragam

Diskominfotik Provinsi Gorontalo Sosialisasi Penerapan Layanan Digital

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo menggelar sosialisasi dan penerapan layanan digital di Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Selasa (31/10/2023).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik, Zakiya Baserewan mengatakan bahwa layanan pemerintah berbasis digital dinilai mempermudah urusan masyarakat dalam pengurusan admistrasi.

Dengan adanya layanan ini, lanjut Zakiya, maka masyarakat tidak perlu susah-susah lagi datang ke kantor untuk mengurus berkas-berkas yang diperlukan. Hal ini dikarenakan, segala sesuatu sudah bisa dilakukan dari rumah melalui gawai.

“Di dalam digitaliasi layanan desa, kita akan diberikan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih efektif, mengurus segalanya lewat digital. Kita tidak perlu repot-repot datang ke kantor, apalagi antrean karena semuanya sudah bisa dilakukan dari rumah,” ungkap Zakiya.

Lebih lanjut, Zakiya berharap masyarakat dapat beradaptasi dengan baik dengan layanan digital ini. Terlebih, sekarang ini semuanya sudah serba digital.

“Saat ini kita di era transformasi digital, mau tidak mau, kita harus bisa beradaptasi. Masyarakat harus bisa beradaptasi agar kita tidak ketinggalan zaman,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Bilihu Timur, Pader M. Tanua menyampaikan terima kasih kepada pihak Diskominfotik atas sosialisasi tersebut. Baginya, sosialisasi ini memberi banyak manfaat kepada masyarakat. Olehnya, pihak mereka telah menganggarkan dana desa untuk keperluan layanan desa digital ini.

“Perlu kami sampaikan kepada Ibu Kabid bahwa kami di desa Biluhu Timur ini sudah menganggarkan dana desa untuk digitalisasi layanan pemerintah desa, yang dalam hal ini berkaitan dengan administrasi,” tuturnya.

Peserta pada kegiatan ini diikuti oleh seluruh perangkat desa, kader, BPD, unsur lembaga desa LPM, tokoh masyarakat, serta rema muda desa setempat.

Desa Biluhu Timur sendiri menjadi desa terakhir dalam lokus sosialisasi layanan digital yang diselenggerakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Gorontalo. Sebelumnya, sudah ada 17 desa dan lima kelurahan yang telah disambangi oleh Diskominfotik. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button