ACEHDaerahRagam

Panitia PBAK Janji Tak Ada Kekerasan di Ospek

image_pdf

Beritanasional.id, Banda Aceh – Panitia pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Aceh, Fakultas Biologi, Sultan Al Faraby memastikan tidak akan ada bentuk kekerasan apapun dalam ospek yang digelar tahun ini.

“”Kami selaku panitia tidak ada yang namanya sistem kekerasan atau melanggar HAM. Dalam PBAK ini, kami berharap para mahasiswa baru bisa lebih kuat mentalnya, berintelektual dan juga paham dengan kehidupan di kampus. Oleh karena itu, wajib bagi mahasiswa baru untuk berpatisipasi penuh dalam PBAK, patuhi aturan yang ada,” kata Suktan.

Menurut Sultan apa yang mungkin pernah terjadi dimasa masa sebelumnya, itu bisa jadi masalalu sistem yang berlalu. Sementara, saat ini bukan cuma fisik yang diharapkan pada adik adik baru, tapi inteltualitasnya juga tidak kurang dibutuhkan.

Sambung Sultan, Ospek yang disebut dengan singkatan PBAK ini, bentuknya hampir serupa dengan ujian, sebab sertifikan yang diberikan kepada mahasiswa peserta menjadi bekal untuk menentukan lancar tidaknya kegiatan akhir kuliahnya nanti.

Maka, soal tindakan kekerasan seperti dulu, sangat tidak mungkin terjadi. Disisi lain, para peserta juga diharapkan untuk dapat bersikap sopan, profeisonal, dan intelek, sehingga ospek ini benar benar dapat menjadi modal awal peserta untuk meraih titel di ujung pendidikannya.

“Saya pastikan tidak akan ada kekerasan seperti masa dahulu, tapi kegagalan adik -adik di PBAK ini akan menjadi masalah besar di akhir pendidikannya, kecuali mengukuti kembali ospek serupa di tahun selanjutnya,” demikian papar Sultan. (Alan).

Author: Dahlan Alan

Show More

Related Articles

Back to top button
Close