Headline

Panwaslu Kecamatan dan Desa/Kelurahan se Kabupaten Bone Bolango Ikut Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas bagi Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan se Kabupaten Bone Bolango yang berlangsung pada 12 hingga 13 Februari 2023 di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bone Bolango Moh. Fahri Kaluku mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas Pemilu di lingkungan Bawaslu Kabupaten Bone Bolango dalam melaksanakan pengawasan tahapan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024.

“SDM Pengawas adalah bagian yang sangat penting dalam pengawasan Pemilu. Sehingga mereka (pengawas) harus ditingkatkan kinerja dan kapasitasnya,”ungkap Fahri kepada BeritaNasional.ID saat diwawancarai usai pembukaan kegiatan.

Lebih lanjut Fahri juga mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan wewenang pengawas tahapan pemutakhiran data pemilih.

“Kami berharap Panwaslu Kecamatan dan Desa/Kelurahan dapat memastikan pemutakhiran data pemilih ini benar-benar diawasi,”sambungnya.

Dikatakan Fahri, persoalan daftar pemilih ini sering menjadi masalah pada setiap penyelenggaraan pemilu dimana banyak dari wajib pilih yang sering tidak terdaftar dalam daftar pemilih.

“Daftar pemilih ini sering jadi problem pada setiap pemilu. Disinilah peran dari pengawas untuk bisa memastikan seluruh wajib pilih tidak kehilangan hak pilihnya,”tegasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button