HeadlineNasional

Partai Demokrat Tegas Nyatakan Tolak Hak Angket

BeritaNasional.ID, Jakarta — Partai Demokrat secara tegas menyatakan menolak usulan Hak Angket di DPR RI terkait dugaan kecurangan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sikap tegas ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Partai, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai silaturahmi bersama seluruh kader di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat (08/03/2024).

“Demokrat menolak. Kami menolak secara tegas. Karena pertama, walaupun kami menghormati ya siapa pun di negeri ini yang menggunakan hak politik, hak politik itu kan berbagai format yang penting konstitusional, tapi bagi kami, kami menolak tegas karena bagi kami tidak ada urgensinya,” ungkapnya.

AHY menilai sejauh ini pelaksanaan Pilpres tahun ini berlangsung aman dan damai. Ia menyampaikan perolehan suara antara pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran sudah signifikan dibanding lawannya.

“Ini sebuah realitas dan tentunya sulit untuk melihat di situ ada kecurangan secara terstruktur, masif. Intinya karena jaraknya juga jauh, saya pikir sulit untuk punya narasi seperti itu, argumentasinya nggak kuat mungkin,” tuturnya.

Namun dirinya menegaskan usul hak angket sah saja dilakukan sebagai bentuk demokrasi. Hanya saja dia menilai jarak perolehan suara yang jauh menjadi bukti dukungan dari masyarakat terhadap Prabowo-Gibran sangat besar.

“Kami konfirmasi selama 3 bulan, pagi, siang, malam dipanggung-panggung kampanye, masuk ke kampung, masuk ke pasar, kelompok-kelompok masyarakat memang banyak sekali yang memberikan dukungan kepada Pak Prabowo jadi Presiden. Jadi menurut saya apa yang tertera di hasil saat ini ya memang menunjukkan dukungan besar dan kuat dari rakyat,” pungkasnya. (Ay/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button