BondowosoDaerahJawa Timur

Pasukan Raider 514 Bondowoso Kembali Dengan Jumlah Utuh

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Setelah 11 bulan mengemban tugas menjaga teritorial di Papua, 450 pasukan Kostrad 514 Raider/Sabadha Yudha kembali dengan jumlah yang utuh pada Jum’at, 21/7 2023.

Hal itu diungkapkan oleh Komandan Batalyon, Letkol Infanteri Rinto Wijaya, SAP, MIPol, Mhan kepada sejumlah wartawan usai memimpin Upacara Penyambutan Purna Tugas Satgas PAMTAS-PNG RI Mobile.

“Alhamdulillah, seluruh pasukan saya menjalankan tugas sesuai perintah selama 11 bulan di Papua kembali utuh ke Bondowoso. Pasukan kami berjumlah 450 prajurit,” kata Rinto, sapaannya, yang akarab dengan wartawan ini.

Pasukan kami, lanjutnya, berhasil mengimplementasikan tugas teritorial dalam membantu masyarakat Papua. Dan juga membantu Kamtibmas berkolaborasi dengan Polres Nduga. Kami berhasil menangkap DPO yang menjadi buronan kepolisian.

Ditambahkan dan sudah dikembangkan oleh kepolisian Papua sehingga menambah DPO baru, termasuk menangkap salah satu ASN Kabupaten Nduga. Pasukan Yonif Raider 514 Kostrad menggerebek salah satu markas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) alias Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Dan menyita sejumlah barang, termasuk senjata api, ratusan amunisi, hingga jimat. Di wilayah Papua Pengungan berhasil memperoleh tiga pucuk senjata organik dari Pendalaman Anggota KKB Papu Kodap III Ndugama atas nama Yomse Lokbere, Kamis, 13 April 2023.

“Yomse merupakan salah satu yang terlibat pembakaran pesawat Susi Air. Tim saya berhasil memperoleh tiga pucuk senjata organik dengan melaksanakan patroli dan pembersihan. Senjata tersebut berasal dari pendalaman anggota KKB Papua Kodap III Ndugama Gabungan Satgas Yonif Raider 514/SY dan Gabungan (Delta, Elang, SDC & Polres Nduga).,” jelasnya.

Rinto menjelaskan tiga pucuk senjata organik terdiri dari satu pucuk pelontar GLM (BE. BT 002680) milik YR 700, satu pucuk AR SOAR (FFI. 0000065) milik Satgas Mupe Marinir 2021, satu pucuk pistol FN, satu senapan angin BOLD, 11 buah magasin laras panjang, tiga magasin laras pendek, empat teleskop senjata, sebilah parang,

Di tempat yang sama, H. Singgih seorang Pengusaha mengatakan, kita wajib bersyukur karena pasukan 514 selamat semua selama bertugas di Papua. Ini berkah dari sholawat yang dibaca berjama’ah sebelum berangkat perang.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button