Kalimantan Barat

Patroli Skala Besar di Tiga Belitang: Polres Sekadau dan Brimob Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas dan Tidak Golput dalam Pemilu 2024

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Polres Sekadau bersama BKO Sat Brimob Polda Kalbar melaksanakan patroli skala besar di wilayah tiga Belitang, yaitu Kecamatan Belitang Hulu, Belitang, dan Belitang Hilir pada Selasa (13/2). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka cipta kondisi Kamtibmas menjelang pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Kasat Samapta Polres Sekadau IPTU Triyono, S.H, mengatakan patroli skala besar ini merupakan bagian dari operasi Mantap Brata Kapuas tentang pengamanan masa tenang Pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Sekadau.

“Patroli ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga 22.20 WIB dengan melibatkan personel gabungan dari Dalmas Polres Sekadau dan BKO Brimob Polda Kalbar, menggunakan satu unit kendaraan R2 dan dua unit kendaraan R6,” kata IPTU Triyono.

IPTU Triyono menjelaskan bahwa patroli ini difokuskan pada monitoring situasi Kamtibmas. Selain itu patroli skala besar ini juga bertujuan untuk memberikan dukungan moril kepada personel pengamanan TPS dari TNI-Polri yang mengawal distribusi logistik dari gudang PPS menuju TPS.

“Kami juga melakukan koordinasi dengan para Kapolsek di tiga Belitang mengenai situasi Kamtibmas, serta berkoordinasi dengan petugas PPS dan petugas ketertiban tentang tahapan pemungutan dan penghitungan suara dan distribusi logistik Pemilu 2024,” jelasnya.

IPTU Triyono mengungkapkan bahwa situasi Kamtibmas di akhir masa tenang Pemilu 2024 terpantau aman dan kondusif. Logistik pemilu yang telah bergeser ke TPS juga aman, meskipun terdapat kendala dengan kondisi jalan berlumpur dan terjal. Pengawalan logistik pemilu dilakukan dengan sangat hati-hati oleh personel TNI-Polri.

Sepanjang rute patroli, personel gabungan juga melakukan dialogis dengan masyarakat. Mereka memberikan himbauan tentang pemilu damai di akhir masa tenang dan menjelang pemungutan dan penghitungan suara.

“Kami mengimbau masyarakat agar tidak golput dan datang ke TPS besok untuk memberikan hak suaranya. Selain itu, kami juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga keamanan di lingkungan masing-masing dan tidak terpengaruh informasi atau berita di medsos yang belum diverifikasi kebenarannya,” ujar IPTU Triyono.

Sementara itu, Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, menuturkan bahwa patroli skala besar ini merupakan upaya jajaran Polres Sekadau untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu 2024. Dengan sinergi TNI-Polri dan partisipasi masyarakat, diharapkan pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai.

“Berkaitan dengan penebalan pengamanan pemilu, personel Dalmas Polres Sekadau telah bergeser ke wilayah Belitang dan Nanga Mahap. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk datang ke TPS, jangan ragu untuk memberikan hak suara dalam Pemilu,” imbau Kapolres. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button