Jawa Tengah

Peduli Wisata Desa, DPUBM Kabupaten Malang Perbaiki Jalan

Beritanasional.ID, Malang – Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam mengoptimalkan program pengembangan sektor pariwisata desa, melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM), meningkatkan sarana infrastruktur jalan di antaranya adalah jalan Kabupaten yang arahnya menuju arela wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang.

Perbaikan jalan yang dilakukan oleh pihak DPUBM serta dirasakan langsung oleh warga pengguna jalan adalah jalan milik Kabupaten yaitu tepatnya di desa wisata Religi yaitu Desa Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang atau dikenal dengan desa santri.

Pemkab Malang melalui DPUBM, mengkonfirmasi bahwa perbaikan jalan di Desa berjuluk Desa Santri tersebut telah selesai dilaksanakan sejak beberapa hari lalu tepatnya di akhir bulan juni 2020.

Kepala Dinas PUBM Kabupaten Malang, Romdhoni, mengatakan perbaikan jalan di beberapa akses desa wisata ini, berfungsi mendukung kemajuan desa yang memiliki wisata. Dengan begitu objek wisata desa yang ada, bisa lebih berkembang dan ramai.

“Prosedur untuk perbaikan jalan tepatnya bagi desa wisata, kami berusaha apabila jalan kabupaten melintang melewati desa tersebut, tentunya kami melakukan perawatan di antaranya apabila mengalami kerusakan ya kami perbaiki seperti di holmid, karena jika akses jalan menuju wisata baik, pasti akan berdampak terhadap meningkatnya pengunjung wisata. Perekonomian masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut juga akan semakin meningkat,” kata Romdhoni.

Selain pengaspalan jalan di Desa Ganjaran atau Desa Santri, pihaknya juga melakukan pemasangan PJU (penerangan jalan umum) di beberapa titik. Kemudian pembangunan/pemeliharaan drainase serta pekerjaan lainnya di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Malang.

“Insya Allah beberapa ruas yang ada semuanya bisa diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan karena lebih cepat lebih baik,” kata Romdhoni.

Sementara itu Kepala Desa Ganjaran Ali Shadikin mengatakan pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya perbaikan jalan di desanya.

“Saya atas nama desa sangat merasa terbantu dengan perbaikan jalan milik kabupaten yang melintas di desa kami ini, karena akses jalan tersebut menghubungkan empat desa yang ada disini, yaitu Desa Bulupitu, Panggugrejo,bPutat Lor dan Putukrejo. Jika di desa kami ini berjuluk desa wisata religi atau desa santri ada pula yang satu jalur dengan jalan yang diperbaiki memiliki desa wisata bernama Sumber sira tepat di Desa Putukrejo,” jelasnya Rabu (8/7/2020)

Kepedulian Pemkab Malang melalui DPUBM dengan program perawatan serta perbaikan ataupun pembangunan jalan terus gencar dilaksanakan, wilayah Kecamatan Gondanglegi telah tersentuh program tersebut, tentunya hal ini sangat membantu desa untuk lebih dapat mengembangkan wisata yang ada di desanya, dan pastinya ini terus berkelanjutan di wilayah khususnya 33 kecamatan di Kabupaten Malang, namun prosesnya harus bersabar dan disesuaikan dengan anggaran yang ada. (Hamzah)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close