Hukum & Kriminal

Pelaku Pembuang Robekan Lembaran Al-Qur’an di Jalanan Kota Medan Ditangkap Polisi

BeritaNasional.ID Medan – Polisi menangkap pelaku pembuang robekan lembaran Al-Qur’an di jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (13/2/2020) pagi.

Tersangka berinisial DIM, 44, warga Jl. Mahkamah Medan. Pelaku diamankan dari hasil pengembangan rekaman kamera CCTV. Polisi meyakini, masih ada pelaku lain yang terlibat dalam kasus perobekan kitab suci ini.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir, SIK., MTCP didampingi, Kapolsek Medan Kota, Kompol Rikki Ramadhan dan Kapolsek Patumbak Kompol Arfin mengatakan, modus pelaku, mengambil Alquran saat shalat di Masjid Raya, lalu dibawa ke kamar mandi dan di robek.

Setelah merobeknya pelaku lalu mengantongi sobekan kitab suci itu dan ditebarkan di sepanjang Jl. Sisingamangaraja persis di depan hotel.

“Tadi pagi, tersangka berhasil ditangkap oleh petugas Polsek Medan Kota bersama masyarakat saat hendak mau merobek, bawa dan nabur Al-Qur’an di jalanan dekat Masjid Raya Al-Mashun, Medan,” kata Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johnny Eddizon Isir, SIK., MTCP dalam konferensi pers di Mapolrestabes Medan, Kamis (13/2/2020).

Polisi saat ini sedang mendalami motif pelaku melakukan perobekan Alquran. Pihak polisi yang tangkap pembuang robekan Alquran juga memastikan kalau pelaku dalam keadaan sehat dan tidak mengalami gangguan jiwa.

“Terkait potongan kertas bertuliskan huruf Arab itu positif adalah kitab suci Al-Qur’an. Sejauh ini, kami yakin bukan tunggal. Ini seperti terstruktur. Kami yakin ada kelompok tertentu yang coba dan berupaya ganggu kondusifitas Kota Medan. Akan kami kembangkan. Tak ada tempat dan ruang yang coba ganggu kondusifitas Kota Medan,” ujar Isir.

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan Pasal 156 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. Selain tersangka, petugas menyita barang bukti potongan lembaran Al-Qur’an, kemudian ada HP dan ada uang tunai sebanyak Rp 770 ribu. Turut hadir dalam konferensi pers perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan dan juga BKM Masjid Raya Al-Mashun Medan. (Kiel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close