DaerahKALBARMetro

Pelantikan Pengurus IKBM Kabupaten Sintang Harus Menjadi Perekat Keutuhan Berbangsa

BeritaNasional.ID, Sintang, Kalbar – Pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Sintang periode 2022-2027 oleh Ketua Umum IKBM Kalbar H. Sukiryanto, S.Ag pada Selasa malam (12/7/2022) bertempat di aula Cadika jalan Cadika, Komplek Stadion Baning Sintang, Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

Dihadiri oleh Bupati Sintang Jarot Winarno, Ketua DAD Kabupaten Sintang diwakili, Ketua Persaturan Orang Melayu Sintang Safriyadi, Kapolsek Sintang Kota, Danramil Sintang, Ketua Umum IKBM Kalbar H. Sukiryanto, S.Ag beserta pemgurus.

Setelah dibacakan surat keputusan (SK) yang ditetapkan di Pontianak 12, Juli, 2022 oleh Ketua Umum IKBM Kalbar H. Sukiryanto, S.Ag selanjutnya kemudian laksanakan pembacaan ikrar pengurus IKBM Kabupaten Sintang.

Periode kepengurusan IKBM Kabupaten Sintang 2022 hingga 2027 Ketua Umum H.Ashadi yang didampingi oleh Wakil Ketua Umum H.Mursilan serta pengurus lain dan dewan pembina.

Ketua panitia pengukuhan pengurus IKBM Kabupaten Sintang Hendrik menyebutkan bahwa, masyarakat Madura di Kabupaten Sintang ini cukup banyak. Namun saat ini sudah ada wadah organisasi di Pontianak sedangkan di Sintang baru saat ini dibentuk.

Perbedaan bukan suatu sumber perpecahan namun sebagai momentum untuk memajukan daerah serta negara kesatuan Republik Indonesia.

“Perbedaan adalah suatu keniscayaan sehingga kemajemukan dengan berbagai suku dan agama bukan menjadi penghambat. Justru dengan perbedaan dalam Kebhinekaan ini mampu dimaksimalkan untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara,” papar Hendrik.

Atas nama panitia dirinya mengucapkan terima kasih kepada segenap tamu undangan yang hadir dalam rangkaian acara pengukuhan pengurus IKBM Kabupaten Sintang.

Mewakili Ketua pengurus IKBM Kabupaten Sintang H.Mursilan menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Sintang Jarot Winarno serta Ketua Umum IKBM Kalbar H. Sukiryanto, S.Ag juga kepada seluruh yang hadir dalam acara tersebut.

Pihaknya berharap kepada Pemkab Sintang bisa saling bermitra dengan IKBM Kabupaten Sintang serta semua pihak.

“Dengan adanya IKBM Kabupaten Sintang kehadirannya dapat memberikan sumbangsih bagi masyarakat Kabupaten Sintang,” terang H.Mursilan yang mengatakan sudah 39 tahun tinggal di Sintang ini.

Selain itu juga H.Mursilan juga mengatakan bahwa, sebenarnya kita semua ini menyadik, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan yang lain.

“Kita ini bersaudara antara satu dan lain sama tinggal di rumah besar Kabupaten Sintang yang tercinta,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum IKBM Kalbar H. Sukiryanto, S.Ag mengatakan suda6lama dibina oleh Bupati Sintang Jarot Winarno karena juga sudah lam berkecimpung di Kabupaten Sintang dari mulai menjadi developer hingga usaha lain di Sintang.

Disebutkan dia jika IKBM Kalbar sudah terdaftar di Kemenkumham RI kemudian di Kesbangpol Provinsi Kalbar.

Tujuan dibentuk organisasi Madura bukan ingin menonjolkan diri. Namun harus mampu hadir memberikan kontribusi terhadap pembangunan di daerah.

“Adanya IKBM harus duduk bersama saudara -saudara yang lain sesama paguyuban ataupun persatuan suku lain yang ada di Kabupaten Sintang,” pinta H.Sukiryanto yang juga sebagai ketua Merah Putih d Kalbar tersebut.

Bupati Sintang menyampaikan kepada semua pihak untuk merekatkan tali persaudaraan sesama anak bangsa.

Berbagai suku bangsa ada di Kabupaten Sintang Jarot mengatakan Sintang adalah miniatur Indonesia.

“Kita semua harus bersatu untuk melakukan pembangunan bagi kemajuan Kabupaten Sintang,” ujar Jarot.

Berbagai suku bangsa dengan bermacam – macam adat dan budaya yang ada Jarot menyebut sebuah kakayaan yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Sintang.

“Sintang cinta damai semoga dengan berbagai suku bangsa yang saling berbaur menjadi sebuah kekuatan untuk saling bergandengan tangan dan membangun Sintang khususnya dan bagi Indonesia umumnya,” pesannya. (Fyan)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button