ArtikelArtikel/OpiniRagam

Pelaporan Keuangan Berbasis Digital : Inovasi Baru Bagi Pengelola BUMNag

BeritaNasional.ID, BUMNag (Badan Usaha Milik Nagari) Padang Pariaman mengikuti pelatihan dan pendampingan pelaporan keuangan berbasis digital yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaraka (LPPM) Universitas Andalas di Convention Hall Fakultas Pertanian Gedung Jurnalis Kamil Universitas Andalas pada Rabu (11/10/2023).

Kegiatan pelatihan dan pendampingan pelaporan keuangan berbasis digital ini merupakan program lanjutan dari workshop yang diadakan pada tanggal 26 januari 2023 lalu yang merupakan bagian dari program kerjasama antara LPPM Universitas Andalas dengan Kementerian Keuangan.

Total 41 BUMNag yang tersebar diberbagai daerah Provinsi Sumatera Barat yang hadir. 9 diantaranya diikuti oleh BUMNag daerah Padang-Pariaman, BUMNag Lima Berlian, BUMNag Kodbar Berkarya, BUMNag Binuang jo Sakato, BUMNag ANRILA Sejahtera, BUMNag LA sejahtera, BUMNag jujur mandiri, BUMNag Bakau Limo Makmur, BUMNag Bukik Sambuang dan BUMNag Binuang Sakato.

Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada para pengelola BUMNag di Provinsi Sumatera Barat tentang tata cara penyusunan dan pelaporan keuangan BUMNag yang mereka kelola secara digitalisasi. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Yusrizal Dt. Bandaro Kayo, S.E., M.M. selaku tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa Kabupaten Solok dan Ibu Silmi, S.E., M.Ak.  selaku dosen dari Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas.

Dalam pemaparan materi, Bapak Yusrizal menyampaikan bahwa dalam menyusun laporan keuangan BUMNag harus berpedoman kepada Peraturan Menteri Desa PDTT No. 136/2022. Agar memudahkan pengelola BUMNag dalam menyusun laporan keuangan, Bapak Yusrizal menawarkan kepada pengelola BUMNag untuk mengimplementasikan aplikasi penyusunan laporan keuangan berbasis digital. Salah satu aplikasi aplikasi penyusunan laporan keuangan berbasis digital yang ditawarkan adalah software Manager.io. Software ini dapat didownload pada link https://www.manager.io dan aplikasi ini free to download.

Bukan hanya software Manager.io saja yang ditawarkan pada kegiatan pelatihan dan pendampingan ini, ibu Silmi sebagai narasumber juga menawarkan sebuah aplikasi penyusunan laporan keuangan berbasis digital yang dapat diakses melalui desktop dan smartphone yang disebut dengan SIAPIK (Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan). SIAPIK dapat diakses pada link https://www.bi.go.id/siapik/v110/#/login secara gratis.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua LPPM Universitas Andalas Dr. Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T. Bapak Uyung turut serta dalam menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan pelatihan dan pendampingan secara resmi. (Ay/BERNAS)

 

Biodata Penulis :
Nama : Silmi, S.E., M.Ak
Status : Dosen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Andalas
Email : silmi@eb.unand.ac.id

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button