NasionalRagamSitubondoTNI Dan Polri

Pembalap Bule Asal Rusia Jatuh Bangun di Grasstrack Motocross Dandim Cup Situbondo 2023

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Pembalap wanita asal Rusia harus jatuh bangun beberapa kali dalam Ajang balap Motocross kelas Nasional bertajuk Dandim Cup 2023. Perhelatan balap motor ini digelar selama dua hari mulai Sabtu -Mingggu (18-19 Februari 2023) di eks asrama 514 Desa Kotakan kecamatan Kota, Situbondo Jawa Timur. Minggu (19/02/2023).

Banyak pembalap papan atas dari berbagai daerah, seperti dari  Jawa Timur, Jawa tengah, Bali, dan lokal Situbondo juga Lombok hadir untuk berkompetisi  merebutkan Piala Dandim Cup 2023.

Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro SE saat pembukaan Grasstrack Motocross Dandim Cup 2023 mengatakan, acara tersebut muncul dari IMI (Ikatan Motor Indonesia) untuk kemajuan Grasstracker Situbondo.

“Awalnya ini ide dari rekan – rekan IMI, yang kemudian ditangkap positif oleh Forkopimda dan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) untuk menunjang prestasi sekaligus memompa crosser muda kita untuk bisa semakin berkembang,” papar Dandim Letkol Anjas.

Meskipun dengan waktu persiapan yang singkat, Dandim tak menduga animo masyarakat dan peserta sangat besar di Situbondo. Harapannya even ini menjadi hal positif sebagai wadah bagi para generasi muda khususnya para pembalap Grasstrack dan Motocross untuk menyalurkan segala kemampuan dan skillnya di olahraga otomotif.

“Kita tidak menduga animo masyarakat luar biasa sehingga acara ini berlangsung dengan semarak, apalagi ada enam pembalap luar negeri yakni dari Rusia, Denmark, Prancis, yang secara khusus diundang oleh IMI, ikut hadir memeriahkan, harapannya acara ini akan menjadi agenda berkesinambungan sehingga bibit pembalap motocross Situbondo lebih maju lagi, ” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama ketua IMI Pengcap kabupaten  Situbondo Reno Purwanto mengatakan, “Panitia dan Official Lomba juga melakukan  berbagai persiapan secara matang, mulai Paddock, lintasan sirkuit sampai ke panggung  area. Kami akan terus evaluasi soal Sirkuit untuk kedepan lebih baik agar ada rasa kepuasan bagi para pembalap,” sambung Reno.

Salah seorang peserta asal Negara negara Prancis mengatakan, ada kesulitan dan tantangan tersendiri di sirkuit anyar tersebut, ” Kesulitannya di tikungan banyak tanah lembek akibat becek dan batu kerikil yang lumayan besar, namun secara keseluruhan, lintasannya cukup bagus dan saya senang datang kesini,” singkat Oliver.

Sedikitnya ada 23 kelas yang dilombakan dalam Grasstrack Motocross Dandim Cup 2023, diantaranya:

1. Trail 4T Tune Up Pro
2.Bebek Modifikasi Pro
3.Sport dan Trail Pro
4.Trail $ standart 155cc Pro
5.Trail 4T standart Pemula-18 tahun (2004).
6. Bebek Standart Pemula -18 tahun (2006)
7. FFA Formula -18 Tahun (2005)
8.Bebek Standart Yunior Jatim (Non Seened)
9. Bebel Modifikasi Yunior Jatim ( Seeded)
10. FFA Yunior Jatim (Non Seeded)
11. FFA – 15 Tahun (2008)
12. FFA 28+EX,Champion (1005)
13. Campuran Lokal Kab Situbondo
14.Campuran Lokal Kars Besuki
15. Adventure Open (Non Pro)
16. Adventure 35 tahum + (Nonpro)
17. MX,65 cc
18. MX 85cc
19. MX open
20. Executive A
21.Executive B
22. Executive C
23.FFA Executive ASN TNI-Polri

Sebelumnya, para pembalap dari berbagai tim telah menjajal lintasan sirkuit anyar Kotakan-Situbondo. tak jarang ada Grasstracker yang tumbang sebelum menyelesaikan finis di sirkuit yang memiliki 10 tikungan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button