Jawa Tengah

Pembangunan Pelabuhan Perikanan Tegalsari Kota Tegal Sudah Masuk Green Book yang Dibiayai AFD

BeritaNasional.ID, Tegal – Untuk menindaklanjuti rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Tegalsari, Kota Tegal yang sudah dilakukan survey, Wali Kota Tegal M Jumadi, ST.,MM menemui Sekretaris Jenderal Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Trian Yunanda, S.Pi.,M.Sc, di Gedung Mina Bahari II, Lantai 12, Jl. Merdeka Timur, No.16 Jakarta Pusat.

Pertemuan tersebut membahas terkait progres tentang kelanjutan rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Tegalsari, Kota Tegal.

Dalam pertemuan itu, Trian Yunanda menyampaikan bahwa anggaran pembangunan Pelabuhan Perikanan Tegalsari nantinya melalui PLN yang bersumber dari Agence Francaise de Développement (AFD), sebuah lembaga keuangan di Prancis.

“Intinya rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Tegalsari melalui anggaran PLN dari AFD sudah masuk dalam Green Book 2022,” ungkap Trian Yunanda, Kamis (26/1/2023).

Menurutnya, proses saat ini sedang dalam pengusulan ke  AFD dan akan dilaksanakan additional study untuk memastikan pembangunan Pelabuhan Perikanan Tegalsari dapat didanai AFD.

“Bila tidak ada rintangan, Insha Allah September-Desember 2023 sudah ada kepastian pendanaan. Bila sudah ada kepastian ini nanti serah terima dari Pemerintah Daerah ke Pusat akan dilaksanakan sebagai prasyarat pembangunan yang dibiayai oleh pinjaman luar negeri,” terangnya.

Sementara Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi berharap, proses pembangunan Pelabuhan Perikanan Tegalsari dapat segera terwujud agar bisa memulihkan perekonomian di Kota Tegal.

“Alhamdulillah, Mudah-mudahan proses pembangunan program atau proyek Integrated Fishing Ports and International Fish Markets, Tegalsari Kota Tegal segera terwujud tidak ada halangan suatu apapun, on target, sehingga bisa mendongkrak perekonomian Kota Tegal,” harapnya.***

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button