Aceh

Pemda Aceh Timur Nilai Rumah Pemberdayaan Medco Jadi Best Practice Penurunan Stunting

BeritaNasional.ID, ACEH TIMUR — PT Medco E & P Malaka (Medco E&P) berkomitmen terus membantu program Pemerintah dalam memerangi kondisi gagal tumbuh dan kekurangan gizi kronis (stunting) pada balita di sekitar wilayah operasi Blok A.

Melalui Program Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak (RPIA), Medco E&P bersama instansi terkait telah menggulirkan sejumlah program penanganan stunting, seperti pemberian makanan tambahan dan susu balita dan ibu hamil, edukasi dan sosialisasi serta pemberian Antropometri (alat ukur stunting) di Puskesmas sekitar area operasi Perusahaan.

Upaya Medco E&P tersebut dinilai Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur Teuku Reza Rizki SH MSi menjadi salah satu Program Best Practice percepatan penurunan stunting di Aceh Timur.

“Salah satu best practice dari bentuk pelibatan pihak swasta dalam percepatan penurunan stunting di Aceh Timur adalah berbagai kegiatan di Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak yang bersumber dari dana CSR Medco E&P Malaka,” ujar Teuku Reza Rizki pada kegiatan Penilaian Kinerja 23 Kabupaten/Kota se-Aceh dalam upaya penurunan stunting di Banda Aceh, Rabu (17/5).

Berkat keterlibatan semua pihak dalam percepatan penurunan stunting di Aceh Timur, berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia, prevalensi stunting menurun dari 38,2% pada 2020 menjadi 33,6% pada 2022. Dan, menurut data Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat, prevalensi stunting di Aceh Timur turun dari 11,25% pada 2021 menjadi 10,81% pada 2022.

VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi mengatakan, Perusahaan berkomitmen untuk terus bersinergi dan fokus pada program kesehatan masyarakat dengan Pemerintah Aceh Timur.

“Fokus program pemberdayaan masyarakat Medco E&P salah satunya adalah pencapaian target penurunan prevelensi stunting nasional, melalui berbagai kegiatan di RPIA. Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak,” ujar Arif Rinaldi. (***)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button