BanyuwangiDaerah

Pemdes Sukojati Siap Menyambut Kunker Mendagri Tito Karnavian

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Kantor Desa Sukojati, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi L, menjadi salah satu desa yang sangat spesial. Dikarenakan desa tersebut akan menjadi jujugan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dalam rangkaian kunjungan kerja (kunker) nya di kabupaten yang dikenal dengan sebutan Sunrise of Java.

Rencana kedatangan Mendagri Tito ke Desa Sukojati itu akan disuguhi program Smart Kampung Online berbasis Informasi Teknologi (IT) yang sudah menjadi projek unggulan kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa tersebut.

Kepala Desa (Kades) Sukojati Untung Suripno, saat diwawancarai terkait persiapan penyambutan Mendagri pada 4 Juni 2021 besuk mengatakan, kunker Mendagri tersebut adalah kehormatan bagi desanya yang masih dipercaya oleh pemkab untuk menyambut kedatangan pejabat tinggi negara yang sebelumnya merupakan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

“Menyambut kunjungan Mendagri, kami akan menyuguhkan program Smart Kampung. Diantaranya pelayanan administrasi online cepat, penunjukan data arsip Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Dana Desa (DD) 2018 hingga 2020 dan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Selain itu, ada juga pelayanan administrasi online cepat untuk mengurusi akte lahir, surat keterangan miskin (SPM) hingga akte kematian yang prosesnya tidak menunggu lama. Karena program pelayanan IT kami sudah terakses langsung di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang menjadi unggulan desa. Nantinya akan kami tunjukkan kepada Bapak Menteri Tito saat datang di kantor desa kami,” bebernya, Kamis (3/6/21).

Dikatakan Untung, sebenarnya bukan kali ini saja desanya ditunjuk oleh pemkab untuk menyambut pejabat tinggi dari pusat. Kedatangan Menteri Tito itu, lanjutnya, merupakan kunjungan pejabat tinggi negara yang ke 7 kali di desanya.

“Maka dari itu, kami akan persiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk penyambutan orang nomor satu di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ini,” pungkasnya. (Ganda)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button