Nasional

Pemerintah Lakukan Penundaan Penerbangan Ke Dan Dari Seluruh Destinasi Di Tiongkok

BeritaNasional.ID Jakarta – Pemerintah melakukan penundaan penerbangan ke dan dari seluruh destinasi di Tiongkok mulai 5 Februari 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penundaan penerbangan ini tidak termasuk Hongkong dan Makau.

“Penundaan sementara ini ditujukan untuk melindungi masyarakat dari risiko tertular mengingat salah satu yang menjadi potensi masuknya penyebaran virus adalah akses transportasi udara yang erat kaitannya dengan keluar masuknya penumpang internasional,” ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Minggu (2/2/2020).

Dengan keputusan ini, lanjut dia, seluruh maskapai Indonesia diminta untuk menunda seluruh rencana penerbangan dari dan ke seluruh destinasi di Tiongkok sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

Demikian pula maskapai asing yang melakukan penerbangan dari Tiongkok menuju Indonesia, termasuk penerbangan transit dari Tiongkok, diminta untuk menunda sementara penerbangan menuju Indonesia.

Pemerintah, terang Budi, meminta maskapai nasional maupun asing untuk mempersiapkan diri dengan tetap mengutamakan kepentingan konsumen dan menyampaikan rencana penundaan sedini mungkin sesuai prosedur yang berlaku agar kerugian penumpang dapat diminimalisir.

Saat ini tercatat lima maskapai nasional yang mengoperasikan penerbangan ke Tiongkok, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, dan Sriwijaya Air. (DKI/1)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button