AsahanDaerah

Pemkab Asahan Beri Dukungan Dana Untuk Unit Pemberantasan Pungli

BeritaNasional.ID, Kisaran – Bupati Asahan H. Surya Bsc menegaskan guna mendukung kelancaran operasional Unit Pemberantasan Pungli, Pemerintah Kabupaten Asahan telah memberikan dukungan dana dalam bentuk hibah. Hal ini dimaksudkan agar Unit Pemberantasan Pungli Kabupaten Asahan dapat lebih fleksibel dan perjanjian hibah daerah juga telah di ditandatangani bersama.

Hal itu disampaikan Bupati H. Surya Bsc dalam sambutannya pada acara penyerahan surat keputusan penunjukan Kabupaten Asahan sebagai calon Kabupaten Bebas Pungli Tahun 2021 bertempat di aula Melati kantor Bupati setempat, Senin (12/04/2021).

Dikatakannya, dalam upaya meminimalisir praktek pungli terutama pada perangkat daerah yang memberikan pelayanan publik harus dilaksanakan sesuai dengan SOP pelayanan dan penggunaan teknologi informasi secara optimal. Pemberian layanan sedapat mungkin dilakukan secara online dan mengurangi tatap muka untuk memperkecil peluang terjadinya pungli.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kata Surya, perangkat daerah akan terus dipantau oleh tim Saber pungli Kabupaten Asahan agar masyarakat yang membutuhkan pelayanan tidak terbebani dengan biaya tambahan di luar ketentuan yang telah ditetapkan.

Terselenggaranya kegiatan yang bertujuan mewujudkan Kabupaten Asahan yang bersih, bebas dari pungli dan anti korupsi ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan yakni mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera, yang religius dan berkarakter, tandas Bupati.

Sementara Irwasda Polda Sumatera Utara Kombes Pol Drs. Armia Fahmi, MH selaku Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa ditunjuknya Kabupaten Asahan sebagai kandidat Kabupaten bebas pungli merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi pemerintahan Kabupaten Asahan. Karena dari 34 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara salah satunya yang mendapat kesempatan untuk mengikuti nominasi ini adalah Kabupaten Asahan.

Dimana, kata Kombes Pol. Armia Fahmi, hal itu dapat terwujud karena Kabupaten Asahan sudah memenuhi kriteria penilaian sebagai kabupaten bebas pungli. Dengan ditunjuknya Kabupaten Asahan sebagai nominasi Kabupaten bebas pungli diperlukan kerja keras dan tekad kerjasama seluruh OPD yang ada. Termasuk juga dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda yang nantinya berperan sebagai pengawal terhadap kinerja Pemkab Asahan terutama di bidang pelayanan publik agar dapat terlaksana dengan baik.

Saya berharap Kabupaten Asahan mulai sekarang sudah mulai melakukan persiapan – persiapan untuk menuju penilaian tersebut. Komitmen para pelaku kepentingan sangat diharapkan terutama dalam peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik serta bermartabat, ujar Ketua Unit Pemberantasan Pungli Sumatera Utara itu.

Kombes Pol. Armia Fahmi juga menyatakan pihaknya menaruh harapan besar kinerja semua unsur dan elemen yang terlibat akan membuahkan hasil yang baik sehingga Kabupaten Asahan bisa benar – benar menjadi kabupaten yang Zero pungli.

Kriteria penilaian Kabupaten Asahan sebagai salah satu calon Kabupaten Bebas dari Pungli Tahun 2021 terdiri dari masalah SDM, satgas, anggaran dan inovasi. Untuk itu, kita harus membuat terobosan – terobosan kreatif di bidang pelayanan publik yang tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari pemerintah, paparnya.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button