AsahanDaerah

Pemkab Asahan Dan Bank Sumut Gelar Sosialisasi Penerapan Aplikasi CMS

BeritaNasional.ID – Kisaran, Sumatera Utara – Penerapan aplikasi Cash Management System (CMS) dari Bank Sumut diharapkan dapat mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan dalam mengimplementasikan transparansi birokrasi yang memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang tertib, efektif, dan efisien.

Hal itu disampaikan Bupati Asahan diwakili Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution MSi dalam sambutannya pada acara sosialisasi Penerapan Cash Management System (CMS) bagi para OPD yang diselenggarakan Bank Sumut bertempat di aula Melati kantor Bupati setempat, Selasa, (09/11/2021).

Dikatakannya sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pengelolaan transaksi keuangan Pemerintah Daerah yang bersifat non tunai. Dimana hal ini sesuai dengan tertib administrasi dan taat pada aturan perundang – undangan sesuai ketentuan Pasal 283 ayat 2 Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sekda juga menjelaskan bahwa manfaat dari transaksi non tunai secara internal adalah untuk mengetahui aliran seluruh transaksi, sehingga lebih akuntabel. Karena setiap transaksi didukung bukti yang sah. Sehingga mendukung pengendalian kas dan mewujudkan tertib administrasi atas pengelolaan kas yang menghasilkan laporan polisi kas secara riil dan proses laporan akhir tahun cepat dan akurat, membangun kedisiplinan pengelolaan keuangan dalam melakukan pencatatan dengan meminimalisir kesalahan, belanja lebih efektif dan efisien.

Oleh karena itu sistem pengelolaan transaksi non tunai harus menjadi perhatian seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Kabupaten Asahan sebagai upaya untuk menciptakan tata kelola keuangan pemerintah yang bersih dan baik. Setiap bendahara dan pengelola keuangan di semua SKPD harus dapat memahami sistem aplikasi CMS online ini guna menertibkan dan mengontrol keuangan baik masuk dan keluar di Kas Bendahara, kata John Hardi.

Sementara pimpinan Bank Sumut Cabang Kisaran Fadli menyampaikan bahwa aplikasi CMS ini bermanfaat untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan perbankan khususnya dalam hal pengelolaan keuangan daerah yang mandiri dan berbasis non tunai.

Aplikasi CMS ini akan membantu Pemerintah Kabupaten Asahan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan karena tetap memberikan kepercayaan kepada Bank Sumut dalam pengelolaan dan transaksi keuangan daerah, pungkas Fadli.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button