AsahanDaerah

Pemkab Asahan Gelar Gebyar Tanam Pisang

BeritaNasional.ID – Kisaran, Sumatera Utara – Pemerintah Kabupaten Asahan memiliki komitmen dalam mewujudkan kemandirian ekonomi domestik dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Hal itu ditegaskan Bupati Asahan H. Surya BSc dalam sambutannya pada pelaksanaan gebyar tanam pisang di Dusun XIII Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (13/10/2021).

Dikatakannya, Pemkab Asahan melalui dinas Pertanian akan terus melaksanakan upaya peningkatan nilai ekonomi masyarakat melalui investasi dan ekspor komoditas pertanian guna menunjang pertumbuhan ekonomi yang positif, baik yang berasal dari sub sektor pangan, Hortikultura dan perkebunan.

Komoditi pisang barangan merah ini merupakan salah satu komoditi yang memiliki prospek baik untuk dikembangkan secara komersil di Kecamatan Simpang empat, Sei Kepayang, Bandar Pulau dan Kecamatan lainnya. Apalagi kita didukung oleh PT. Hijau Surya Biotechindo yang berkedudukan di Kabupaten Asahan dan sudah menerapkan teknologi budi daya pisang barangan dengan teknik kultur jaringan, ujar H. Surya BSc.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Ir. Oktoni Erianto MMA dalam Laporannya menyampaikan bahwa Gebyar Tanam Pisang yang dilaksanakan ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan pengembangan komoditi pisang barangan di Kabupaten Asahan yang diharapkan dapat membuka peluang investasi demi meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya petani di Kabupaten Asahan.

Dijelaskannya, Bibit tanaman pisang barangan ini bersumber dari bantuan Dana APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 bekerjasama dengan PT. Hijau Surya Biotechindo yang berkedudukan di Kabupaten Asahan.

Bibit pisang barangan merah bersertifikat hasil pengembangan teknik kultur jaringan yang diserahkan kepada Kelompok Tani Harapan Jaya Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat sebanyak 5000 batang beserta pupuk organik sebanyak 5000 Kg dan akan ditanam di atas lahan seluas 5 Hektare milik Kelompok Tani, pungkas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan itu.

Dalam acara itu Bupati Asahan H. Surya BSc terlihat hadir bersama dengan Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Dapil V Ebenezer Sitorus SE, Direktur Utama PT. Hijau Surya Biotechindo Budi Chandra, sejumlah Kepala OPD, Camat, dan Kepala Desa se Kecamatan Simpang Empat.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button