AdvedtorialBondowosoDaerahJawa Timur

Pemkab Bondowoso Kembangkan Smart City

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Perintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar bimbingan teknis (bimtek) smart city tahap I dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Shaba Binapraja I, Senin (3/07/2023).

Kepala Diskominfo Bondowoso, Gozal Rawan mengatakan, Pemkab Bondowoso sudah melakukan konsep penyusunan smart city, tapi belum pernah mendapat Bimtek dari Kementerian Kominfo.

Menurutnya, di Jawa Timur baru ada 28 daerah termasuk Bondowoso yang mendapat Bimtek smart city dari Kementerian Kominfo. Diharapkan dengan Bimtek dari Kementerian Kominfo, gaung smart city semakin membumi di Bumi Kironggo.

Sebab,menurut Gozal, sapaannya, kemajuan di bidang ilmu teknologi termasuk digitalisasi menjadi bagian yang harus dilakukan oleh seluruh daerah di Indonesia. “Hari ini tanggal 2 hingga 3 Juli 2023 dari Kementerian Kominfo memberikan Bimtek konsep penyusunan master plan tahap pertama smart city di Bondowoso,” kata Gozal.

Dikatakannya, pengembangan smart city akan mempermudah proses komunikasi antar-OPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan masyarakat mudah mengakses informasi.

Untuk itu, pengembangan smart city tidak bisa semata-mata diserahkan kepada Diskominfo saja. Tapi seluruh OPD dilibatkan untuk merumuskan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Bondowoso.

Namun, semua OPD di lingkungan Pemkan Bondowodo harus ikut terlibat sesuai tugas pokok fungsi masing-masing. Dalam pengembangan smart city tahap satu dan seterusnya.

“Maka dari itu, saya melibatkan semua OPD agar masing-masing punya peran dan fungsi sesuai tugas pokoknya. Kalau secara umum, penanggung jawabnya Diskominfo, tapi timnya semua OPD,” ujarnya.

Gozal berharap pengembangan smart city semakin memperlancar dan mempercepat pelayanan terhadap masyarakat. “Pelayanan kepada masyarakat juga diharapkan semakin terbuka. (Advertorial/BeritaNasional.ID)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button