DaerahEks Keresidenan Madiun

Pemkab Madiun Berharap, Desa Pule Bisa Menjadi Desa Terbaik

BeritaNAsional.ID, Madiun – Desa  Pule, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, menunjukkan totalitasnya dalam membangun wilayahnya. Mulai dari inovasi di bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan sampai optimalisasi di ketiga bidang tersebut.

Hal ini terbukti saat Tim Penilai dari Provinsi Jawa Timur hadir di desa tersebut dalam Penilaian Lapang Lomba Desa Dan Kelurahan Serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Provinsi Jatim, Kamis (1/7/2021). Penilaian lapang ini merupakan lanjutan dari lomba desa tingkat kabupaten di Madiun yang dimenangkan oleh desa ini dan kemudian maju ke tingkat provinsi.

“Pada Mei lalu, mereka yang menang di tingkat kabupaten kemudian dilombakan di tingkat provinsi. Setelah itu, tiga pekan lalu para nominatornya diminta paparan. Desa Pule sebagai satu dari enam nominator di tingkat provinsi juga sudah melakukan paparan itu. Nah, hari ini kita buktikan,” ungkap Ketua Tim Penilai Heru Suseno.

Pembuktian itu dilakukan dengan melihat langsung dokumen di administrasi pemerintahan, potensi desa dan pengelolaan aset desa. “Kita lihat bagaimana inovasi dalam administrasi desa. Lalu optimalisasi potensi desa, mulai dari kegiatan Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan dan kemasyarakatanya juga kita nilai, terutama optimalisasinya,” ulas Heru.

Bupati Madiun didampingi Ketua TP PKK Madiun dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Joko Lelono  saat menyambut kehadiran tim penilai mengatakan, Pemkab Madiun sangat mengapresiasi upaya masyarakat Desa Pule dalam menjaga dan melestarikan semangat kebersamaan, kerukunan, keswadayaan dan kegotongroyongan yang mengakar dan melembaga dalam kehidupan sehari-hari.

“Harapannya, hal-hal yang ada di sini bisa ditiru oleh desa-desa yang lain di Kabupaten ini. Harapan lain tentunya, Pule  bisa menjadi desa terbaik di tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021 dan kita doakan berlanjut menjadi terbaik di tingkat nasional,” ungkap Bupati Madiun Ahmad Dawami saat memberikan sambutan

Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, penilaian lomba desa tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dari setiap yang hadir diwajibkan rapid antigen lebih dulu

Pada kesempatan tersebut hadir juga Bupati Madiun, Ketua dan Wakil TP PKK Madiun, Kepala Dinas PMD, Asisten, Tim Penilai Provinsi Jatim, Muspika Kecamatan Sawahan, TP PKK Desa Pule dan perangkat desa

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button