Daerah

Pemkab Madiun Gelar Rakor Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

BertitaNasional.ID, Madiun – Guna meningkatkan partisipasi dan kemitraan publik yang melibatkan lembaga usaha, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun gelar Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapsiagaan penanggulangan bencana di masa pandemi Covid-19

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, Forkopimda Kabupaten Madiun, perwakilan Camat, Kepala Desa se-Kabupaten Madiun, perwakilan perguruan tinggi dan pelaku usaha di Kabupaten Madiun, turut hadir dalam rapat yang diselenggarakan di Pendopo Ronggo Djoemeno, Rabu (14/10/2020)

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kemitraan publik yang melibatkan lembaga usaha dengan semangat gotong royong, kesetiakawanan, dan kedermawanan dalam penanggulangan bencana.

Rakor ini diharapkan dapat membangun sinergitas yang kuat dari unsur pentahelix (pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media masa). Sinergitas begitu penting dalam penanggulangan bencana serta menguatnya ketahanan sosial dan budaya akan sadarnya bencana dari masyarakat secara mandiri.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengatakan  kegiatan ini merupakan early warning system (kewaspadaan dini). Artinya, kesiapan seluruh personil perlu diperiksa agar tidak ada bencana yang tidak bisa terkendali. “COVID-19 tetap menjadi prioritas sementara bencana lainnya sebagai antisipasi”, jelas Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyerahkan penghargaan kepada Desa Durenan Kecamatan Gemarang atas prestasi terbaik Kategori Pratama Lomba Desa/ Kelurahan Tangguh Bencana tingkat Provinsi Jawa Timur 2020. “Penghargaan yang kita terima dari Ibu Gubernur jangan sampai membuat kita lengah. Penghargaan ini sebagai wujud sinergitas yang baik dari semua unsur, baik pemerintah, TNI Polri, maupun masyarakat”, pungkasnya  (is)

 

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close