BondowosoDaerahJawa Timur

Pemkab Siapkan Rp 1,8M Perbaiki Jalan Depan Puskesmas Tamanan

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Dinas Bina Marga Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi (BSBK) Kabupaten Bondowoso menyiapkan anggaran sebesar 1,8 Milyar untuk perbaikan jalan dari Tamanan menuju Maesan.

Karena jalan tersebut, persisnya didepan Puskesmas Tamanan, jika turun hujan air menggenang. Akibatnya tidak sedikit, pengendara motor terjatuh. Anggaran sebesar itu untuk membangun jalan sepanjang 250m.

Sekretaris Dinas BSBK, Ansori, ST menjelaskan, untuk memperbaiki kerusakan jalan Tamanan menuju Maesan tersebut telah disiapkan anggaran Rp 1,8 Milyar dari ABPD awal Pemkab Bondowoso.

“Sesuai assesment di lapangan jalan di depan Puskesmas Tamanan memerlukan perbaikan. Oleh karena itu BSBK menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,8M,” kata Anshori saat dikonfirmasi, Jumat (2/2/2024).

Penyebab jalan tersebut rusak, lanjutnya, karena drainase tidak berfungsi secara maksimal. Akibatnya, jika hujan turun, air menggenang di jalan aspal. Lama-kelamaan aspalnya tergerus dan rusak.

Ditambahkan, kalau drainase di sepanjang jalan tersebut tidak diperbaiki, kerusakannya tambah merembet. Sehingga, disamping memperbaiki jalan tersebut, BSBK juga akan memperbaiki drainasenya.

Drainase di sepanjang jalan depan Puskesmas Tamanan, tertutup. Akibatnya air meluap ke jalan, yang menyebabkan aspalnya mengelupas. Jadi rusaknya jalan bukan karena kualitas jalan yang tidak baik.

Di tempat yang sama, Pj Bupati Drs. H. Bambang Soekwanto, MM mewanti-wanti rekanan yang diberi kepercayaan mengerjakan perbaikan jalan tersebut, harus profesional. Agar umur jalan yang dibangun tidak seumur jagung.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button