AdvedtorialDaerahPemkab SidrapRagamSidrapSulawesi

Pemkab Sidrap Launching Optimasi Lahan Rawa Program Serasi

BeritaNasional, Sidrap – Bupati Sidrap, H. Dollah Mando membuka secara resmi pelaksanaan konstruksi optimasi lahan Rawa, Jum’at, 2 Agustus 2019.

Acara tersebut berlangsung di wilayah irigasi jalan Poros Tanru Tedong – Pangkajene, Desa Mojong, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap.

Pelaksanaan optimasi lahan ini untuk mendukung program Selamatkan Rawa Sejahterahkan Petani (Serasi) dari 4115 Pertanian (Kementan) RI.

Dollah Mando mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi dampak genangan air akibat luapan Danau Sidenreng terhadap lahan pertanian yang hampir setiap tahun menjadi masalah yang dihadapi petani.

Begitu juga, kata Dollah Mando pada saat musim hujan lahan tergenang sedangkan pada musim kemarau beberapa wilayah terjadi kekeringan.

Termasuk terjadinya sedimentasi di beberapa bagian muara sungai
mengakibatkan dampak yang merugikan petani, bahkan beberapa lokasi pertanian menjadi rusak akibat tertutupi oleh enceng gondok.

“Sehingga diperlukan pengelolaan air yang baik sebagai kunci keberhasilan Program Serasi di Sidrap,” ungkap Dollah Mando.

Bupati Dollah Mando berharap, semua stakholder terkait ikut membantu dalam proses pelaksaan penggalian ini sehingga bisa berjalan dengan baik.

Sementara, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP2) Sidrap, Ir Azis Damis mengatakan, program Serasi ini salah satu program prioritas Kementan.

Utamanya, kata  Azis Damis dalam pengembangan lahan rawa saat ini sedang dan akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Azis Damis mengatakan, untuk wilayah Sidrap mendapatkan target luas lahan rawa sebesar 5.555 Ha yang tersebar di 6 Kecamatan antara lain Kecamatan Watang Sidenreng (2.369 Ha) Panca Lautang (1.276 Ha), Tellu Limpoe (1.219 Ha).

“Kemudian di Kecamatan Maritengngae (135 Ha), Watang Pulu (212.21 Ha) dan Baranti (342,79 Ha). Dalam mendukung kegiatan optimalisasi rawa ini ada dua unit bantuan excavator yang kami terima dari kementan,” urai Azis Damis.

Sekedar diketahui, untuk Sulawesi Selatan, selain Sidrap program Serasi juga dilaksanakan di Kabupaten Pinrang, Wajo, Soppeng, dan Bone, pinta Azis Damis.

Dalam acara itu turut dihadiri, Ketua DPRD Sidrap, H.Zulkifli Zain, Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf J.P. Situmorang, Kajari Sidrap,Djasmaniar,Kadis Pertanian, Kadis PSDA, Kadis PU Tata Ruang dan Perhubungan,Camat Wt. Sidenreng, MaritengngaE, Panca Lautang, Wt. Pulu, Kades Mojong dan Gapoktan.

(Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button