DaerahEks Keresidenan Madiun

Pemkot Madiun Gelar Sarasehan Budaya Seni Pencak Silat

BeritaNasional.ID, Kota Madiun – Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, Dan Olahraga menggelar event Sarasehan Budaya Pencak Silat yang berlangsung di halaman Balai Kota Madiun. Sabtu (4/6/2022). Sarasehan budaya ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Madiun ke – 104 Tahun.

Selain Wali Kota Madiun, sarasehan tersebut juga menghadirkan  menarasumber Kapolres dan Kodim Madiun, serta menghadirkan narasumber dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Siswantoyo selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, Kota Madiun sangat potensi sekali. Menurutnya, selain mempunyai 14 perguruan pencak silat, meski Kota Madiun kecil, tapi diapit 10 juta penduduk dari lima kabupaten.

“Madiun banyak potensi. Khususnya, pencak silat kita punya 14 perguruan. Dari sini banyak melahirkan pendekar di seluruh dunia,” tuturnya wali kota

Menurut wali kota, pembangunan yang dilakukan di Kota Madiun tidak hanya fokus terhadap infrastruktur fisik saja. Melainkan juga, potensi budaya yang mendunia. Sehingga, pembangunan fisik dan non fisik berjalan secara seimbang.

Lebih lanjut, wali kota mengatakan bahwa melalui kegiatan sarasehan budaya ini ke depannya akan ditindaklanjuti dengan program-program unggulan lainnya. Terutama, dalam hal meningkatkan potensi budaya sebagai daya tarik wisata.

“Kota Madiun tidak punya wisata alam. Tidak punya sawah, ladang. Tapi kita punya UMKM, punya potensi lainnya yang bisa kita kembangkan,” ujarnya.

Dalam upaya pengembangan potensi budaya tersebut, Wali kota  juga akan melibatkan berbagai pihak terkait. Termasuk, perguruan silat. Harapannya, dapat melahirkan suatu program unggulan yang diminati banyak orang. Tidak hanya dalam kota, tetapi juga luar Kota Madiun. Bahkan, internasional.

“Di ulang tahun ke-104 ini apa yang menjadi potensi kota kita gali. Potensi ini harus kita wujudkan untuk gas ekonomi,” tandasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button