Jawa TimurProbolinggo

Pemkot Probolinggo Sidak Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM– Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri 1445 H, Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis lakukan inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan bahan pokok di tingkat Sub Distributor beras, ayam ras dan telur ayam ras, Jum’at kemaren.Sabtu (6/4/24).

Bersama Sekda Kota drg Ninik Ira Wibawati, jajaran forkopimda dan kepala perangkat daerah di lingkungan pemkot dipisah menjadi 2 tim sidak. Adapun tim 1 dipimpin langsung oleh orang nomor satu di Kota Probolinggo.

Lokasinya antara lain di Pedagang ayam potong UD Probo Sakti Kelurahan Sumbertaman, distributor beras UD Akas di Jalan Mastrip, distributor telur ayam di Kelurahan Kebonsari Kulon serta distributor beras di Ruko Panglima Sudirman.

Tim 2 menuju Toko Rudi Cahyadi (distributor beras), distributor telor ayam ras di Toko Munir dan Kafi di Jalan Sunan Bonang Jrebeng Lor, terakhir menuju daging ayam ras, Sujono di Jalan Muhammad Rizal Sumber Taman.

Berdasarkan hasil pantauan tersebut, Pj Wali Kota Nurkholis memastikan ketersediaan bahan pokok daging ayam, beras dan telur, cukup untuk kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Dalam rangka melihat stok pangan yang ada, kita sidak beberapa lokasi tadi. Diketahui bahwa ayam, telur juga beras untuk kebutuhan lebaran masih aman lah,” katanya.

Namun demikian, Pj Nurkholis mengingatkan agar pengawasan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di pasar tetap dilakukan. “Di spot-spot tertentu seperti pasar, itu mungkin harus diintervensi harganya. Sehingga tidak menekan laju inflasi,” pesannya.

Selain itu, mengenai stabilitas harga pangan pokok di tingkat produsen, diketahui harganya cukup stabil. Seperti, beras premium Rp. 14.000/kg, daging ayam ras Rp. 32.000/kg, dan telur ayam ras Rp. 25.000/kg. Harga tersebut sesuai dengan harga acuan pemerintah.

(Yuliono/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button