Ragam

Pemudik Lebaran Cenderung Pilih Gunakan Sepeda Motor

BeritaNasional.ID Jakarta – Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto memprediksikan sekitar 8,5 juta pemudik masih menggunakan sepeda motor saat mudik lebaran Idul Fitri 1439 H (2018 M) tahun ini. Angka demikian berdasarkan perhitungan yang dilakukan di sejumlah daerah.
“Angka segitu sebenarnya hasil perhitungan lalu-lintas yang kita lakukan di beberapa titik,” kata Pandu dalam diskusi polemik ‘Siap-siap mudik Asyik’, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (02/06/18).

Menurutnya, kecenderungan pemudik memilih sepeda motor, karena dinilai lebih murah dibandingkan dengan angkutan umum. Selain itu, membawa motor ke kampung halaman, dinilai sebagai bentuk keberhasilan kerja di Ibu Kota.

“Kecenderungan menggunakan sepeda motor masih relatif lebih mudah dibanding bus. Paling sulit dilarang karena masih ada persepsi masyarakat motor langkah bentuk keberhasilan kerja di Jakarta,” kafa Pandu.

Adapun, alasan membawa sepeda motor, dinilai dapat membantu mobilisasi selama bersilahturahmi saat berada di kampung halaman.

“Sepeda motor kalau dibawa pulang membantu silahturahmi dengan keluarganya, itulah alasan praktis yang mengakibatkan tingginya pemudik naik motor,” jelasnya.

Oleh karwna itu, guna mengurangi penggunaan sepeda motor, Pandu mengimbau masyarakat untuk melirik bus sebagai transportasi mudik.

Menurutnya, kualitas bus sudah jauh lebih baik, sehingga kenyamanan masyarakat terjamin. Bahkan, tahun 2018 Kemenhub menyediakan 49.613 unit bus yang melayani di 47 terminal seluruh Indonesia.

“Masyarakat diharapkan tidak ragu menggunakan bis karena sudah jauh lebih bagus, kelas premium juga ada. Kenyamanan menggunakan bus sudah terjamin,” imbuh Pandu Yunianto. (dki1/bn.id)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close