BanjirDaerahJawa TimurRagam

Penanganan Bencana Banjir Ijen Bondowoso Ditutup

BeritaNasional.id-BONDOWOSO JAWA TIMUR, Setelah bekerja tanpa henti selama 8 hari membersihkan material banjir bandang di Desa Sempol dan Kalisat, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso penanganan bencana banjir ditutup, Senin (20/2/2023).

Hadir dalam penutupan tersebut, Wakil Bupati H. Irwan Bahtiar Rahmat, SE, Msi, Kapolres AKBP Wimboko SIK, Dandim 0822 Bondowoso Letkol Arm Suhendra Cipta, Ketua PCNU KH. Abd. Qadir Syam, Kepala Dispendik, Dr. Drs. H. Sugiono, Eksantoso, MM, dan sejumlah pejabat lainnya. Penutupan yang ditempatkan di ruang sortasi kopi PTPN XII, dihiasi dengan 10 tumpeng dan BPBD Provinsi Jawa Timur menyerahkan bantuan pada 95 kepala keluarga terdampak banjir.

Dandim 0822 Bondowoso Suhendra mengatakan, setelah delapan hari akhirnya penanganan banjir bandang Ijen ditutup. Teruslah bersiaga dengan menghidupkan kembali Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling). “Kepada seluruh Kades di Kecamatan Ijen dan Muspika, hidupkan kembali Poskamling. Apalagi saat ini cuaca masih ektrim. Jika ada banjir segera laporkan pada Satgas,” kata Letkol Arm Suhendra Cipta, Ketua Satgas Penanganan Bencana ini.

Dengan cuaca extrem, lanjut Letkol Arm Suhendra Cipta, sangat mempengaruhi terhadap perubahan kondisi alam. “Oleh sebab itu, kami mengajak warga Kecamatan Ijen, bijaklah menghadapi perubahan ini dan teruslah waspada,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmat, SE, Msi mengatakan, bencana di Kecamatan ijen ini sudah yang ketiga kalinya. “Artinya, kita sudah tiga kali diperingatkan oleh Allah SWT. Jaga alam ini, jangan sembarangan melakukan alih fungsi lahan. Jangan memotong kayu yang masih tegak,” pesan Wabup Bondowoso dihadapan masyarakat Kecamatan Ijen,

Lebih lanjut, Wabup Bondowoso mengatakan, kurang lebih selama 10 hari tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Tagana-Dinsos, PMI, Satpol PP, relawan dan masyarakat saling bahu membahu melakukan pembersihan di kawasan terdampak banjir ini.

“Atas nama pribadi maupun atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penanganan bencana alam banjir bandang di Desa Sempol dan Kalisat, Kecamatan Sempol ini,” kata Wabup Irwan.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button