SUMUTTanjung balai

Pencarian Pemancing yang Jatuh Lalu Hanyut di Jembatan Tabayang Dicari Satpolair Polres Tanjungbalai

BeritaNasional.ID-TANJUNGBALAI SUMUT Personil Satpolair Polres Tanjungbalai saat melakukan patroli perairan menghentikan kapal nelayan tanpa nama guna dilakukan pemeriksaan. Patroli perairan dilaksanakan pada Hari Minggu 14/8/22 sekitar Pukul 12.15 Wib dan melakukan pencarian pemancing yang terjatuh lalu hanyut di Jembatan Tabayang wilayah hukum Polres Tanjungbalai.

Patroli perairan yang dilaksanakan bertujuan untuk melakukan tugas pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal yang diduga membawa Pekerja Migran Ilegal (PMI), barang ilegal atau barang yang dilarang keluar atau masuk melalui perairan Tanjungbalai, ilegal fishing, PMI yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal, barang-barang ilegal lainnya seperti ballpress dan narkoba,

Selain itu patroli perairan juga bertujuan untuk menjaga keselamatan berlayar para nelayan, agar sebelum melaut hendaknya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan seperti periksa mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti jaket pelampung, ring boy, apar dan kotak P3K.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi SIK. MM, melalui Kasatpolair Polres Tanjungbalai AKP T. Sianturi mengatakan “Pada Hari Minggu Tanggal 14 Agustus 2022, sekitar Pukul 12.15 Wib, kapal Patroli II- 1023 Satpolairud Polres Tanjungbalai yang diawaki team regu II yaitu Aiptu Holid dan Aipda S. Butar-butar melakukan pengejaran terhadap Satu unit kapal yang datang dari laut tujuan Tanjungbalai, diposisi atau koordinat N = 2° 58′ 40,872″ E = 99° 48′ 29,1″, kapal tersebut dapat dihentikan,” Kata Kasat.

“Hasil pemeriksaan terhadap kapal tanpa nama dan tanda selar tersebut juga tidak memiliki dokumen lengkap yang dinakhodai oleh Andi. Selanjutnya kepada nahkoda diberi himbauan dan arahan agar memeriksa body dan mesin kapal sebelum berangkat ke laut, agar selalu waspada dan menjaga keselamatan berlayar dan berkerja di laut,” Tambahnya.

“Kapal yang berpenumpang sebanyak Empat orang itu juga bermuatan kosong, sehingga setelah dilakukan pemeriksaan makan kapal tersebut selanjutnya dipersilahkan melanjutkan perjalanan menuju TanjungbaIai karena tidak ada di temukan barang-barang yang ilegal atau yang melanggar hukum,” Ucap Kasatpolair lagi.

“Kapal Patroli II – 1023 Satpolairud Polres Tanjungbalai, yang diawaki oleh Aiptu Holid dan Aipda S. Butar-butar juga melaksanakan tugas SAR orang jatuh tenggelam dan hilang sewaktu memancing di Jembatan Tabayang Jalan Jend. Sudirman Kelurahan Indra Sakti Tanjung Balai Selatan, Kota Tanjungbalai,” Lukas AKP T. Sianturi.(As18)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button