DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Pendaftaran LSM dan Ormas, Bakesbangpol Situbondo Luncurkan Aplikasi Online SIDAT

SITUBONDO JAWA TIMUR – BeritaNasional.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo meluncurkan aplikasi SIDAT untuk mempermudah lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan organisasi masyarakat (Ormas) di wilayah Kabupaten Situbondo dalam melakukan pendaftaran atau pengurusan administrasi dan penertiban lembaga dimaksud, Selasa (31/1/2023).

Penertiban ini dilakukan karena banyak pengaduan dari masyarakat yang resah dengan oknum yang mengaku dan mengatasnamakan LSM atau ormas tersebut. Penertiban itu dilakukan melalui aplikasi layanan online SIDAT (Sistim Pendataan) Ormas dan LSM.

“Dalam penerbitan ini, Bakesbangpol Situbondo akan melibatkan tim terpadu pengawasan LSM dan ormas dari pihak intelejen polres, intelijen kejaksaan dan inteljen TNI,” jelas Kepala Bakesbangpol Situbondo, Sopan Efendi.

Rapat koordinasi ini, sambung Sopan Efendi, dilaksanakan bersama tim terpadu Inteljen Kejari Situbondo, Polres dan TNI yang digelar setiap tahun, dengan tujuan dapat memantau kegiatan LSM dan Ormas yang ada di Kabupaten Situbondo. “Kami berharap informasi itu dapat kita serap, sehingga kita bisa mengambil langkah dan bisa merubah stigma buruk di masyarakat,” kata Sopan.

Intinya, kata Sopan, Bakesbangpol ingin mengembalikan marwah LSM dan ormas. Dengan harapan keberadaan LSM dan ormas bisa menjembatani kebutuhan yang ada di masyarakat, pemerintah, atau berkaitan dengan masalah kebijakan. “Harapan kami keberadaan LSM dan ormas mamfaatnya dapat dirasakan oleh maayarakat atau pun pemerintah daerah dan bagi diharapkan LSM serta Ormas mau mendaftarkan diri ke Bakesbangpol melalui Aplikasi Online SIDAT, ” tuturnya.

Alasan diluncurkannya inovasi layanan online Sidat Ormas ini, sambung Sopan, agar data LSM dan ormas yang tercatat di Bakesbangpol Situbondo bisa diketahui aktif dan tidaknya LSM dan Ormas tersebut. “Keberadaan itu kita catat aktif dan legal di Kabupaten Situbondo,” jelasnya.

Sebelumnya, imbuh Sopan, pihaknya pernah turun ke beberapa wilayah dan menemukan LSM yang dianggap tak jelas. Data LSM itu tercatat, namun kantor dan anggotanya tak ada. “Dengan adanya temuan itu, maka kami membuat inovasi aplikasi online SIDAT dan kita berharap LSM maupun Ormas bisa tertib administrasi dan ditunjang dengan adanya kantor,” pungkasnya. (Heru/Bernas).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button