AdvedtorialGorontalo

Penerbangan Perintis Gorontalo Diharapkan Dorong Perekonomian Masyarakat

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Pesawat tipe Twin Otter DHC 6-300 milik maskapai SAM Air berhasil lepas landas dalam pembukaan penerbangan perdananya, Minggu (18/2/2024). Penjabat Gubernur Ismail Pakaya menyampaikan, kegiatan ini menjadi tonggak bersejarah karena menandai dimulainya layanan subsidi angkutan udara perintis penumpang koordinator wilayah Gorontalo.

“Dengan penerbangan perdana hari ini, atas nama pemerintah dan masyarakat Gorontalo saya ucapkan terima kasih kepada Menteri Perhubungan atas alokasi penerbangan perintis di Gorontalo. Kita mengupayakan ini kurang lebih sembilan bulan, sejak penjabat gubernur sebelumnya. Harapan besarnya tentu untuk pergerakan roda ekonomi masyarakat,” ujar Penjagub.

Penerbangan pesawat dengan kapasitas penumpang 15 orang ditambah awak kabin dan pilot empat orang ini, dimulai dengan rute ke Bandara Pohuwato. Ismail yang turut serta dalam penerbangan tersebut menyampaikan, meskipun belum diresmikan, namun bandara Pohuwato sudah bisa difungsikan untuk penerbangan perintis.

“Kita akan ke Pohuwato meskipun bandara di sana belum diresmikan kita akan uji coba hari ini. Kemudian penerbangan ini juga akan membantu ke wilayah Sulteng dan Sulawesi Utara. Manado yang biasa ditempuh kurang lebih 8 sampai 12 jam, akan lebih cepat. Meskipun rutenya kita harus singgah dulu di Bandara Bolaang Mongondow,” jelasnya.

Selebihnya Staf Ahli Menaker RI ini juga mengaku sangat terbantu dengan hadirnya penerbangan perintis di Gorontalo. Mengingat penerbangan umum untuk dua maskapai besar seperti Batik Air da Garuda Indonesia di Gorontalo sendiri telah mengurangi jadwal terbangnya di hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

“Saya tidak tau, kalau Sam Air ini bisa mengisi di hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Karena di hari itu ada dua maskapai yang mengurangi penerbangannya. Jadi misal dengan Sam Air bisa mendapatkan dulu penerbangan ke Bolmong, kemudian ke Manado baru lanjut ke Jakarta atau ke daerah lain. Ini pasti akan sangat membantu ketika tidak ada penerbangan umum dari Gorontalo,” harapnya.

Diketahui angkutan udara perintis 2024 Korwil Gorontalo ini melayani sembilan rute di tiga provinsi yakni Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Khusus Gorontalo mengambil empat rute yakni Djalaluddin – Pohuwato, Djaluddin – Pogogul Buol, Djalaluddin – Bolaang Mongondow serta Pohuwato – Mutiara Sis Al-Jufri Palu. Frekuensi penerbangan dua kali seminggu.

Untuk area dua Sulawesi Utara yaitu Bandara Sam Ratulangi – Bandara Bolaang Mongondow, Siau – Sam Ratulangi, Naha Tahuna – Siau, Naha Tahuna – Miangas, Miangas – Melonguane dengan frekuensi penerbangan satu kali seminggu.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button