Jawa TengahPendidikan

Pengenalan Bencana Banjir pada Anak Usia Dini Melalui Media Buku Cerita Bergambar

BERITANASIONAL.ID, SEMARANG – Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Semarang Selasa, (15/08/23), adakan kegiatan Pengenalan Bencana Banjir pada Anak Usia Dini yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitigasi bencana pada anak-anak.

Kegiatan ini juga memberikan edukasi tentang pengenalan bencana alam di sekitar secara sederhana menggunakan buku cerita bergambar serta dengan gerak dan lagu yang mudah dipahami oleh anak.

Kegiatan Pengenalan bencana ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan II PPG Prajabatan Gel 2 Universitas Negeri Semarang yang dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Semarang gelombang II, program studi Geografi tersebut, menjadikan satuan pendidikan taman kanak-kanak (TK) Padmosari di Karangawen Demak sebagai sasaran kegiatan ini.

“Kegiatan ini menyajikan berbagai bentuk edukasi dan proyek kolaborasi untuk  anak-anak usia taman kanak-kanak (TK), dengan fokus pada pemahaman tentang bencana banjir yang hampir terjadi setiap tahun di daerah mereka. Tujuannya adalah agar anak-anak mengenali apa itu bencana banjir dan juga memahami cara-cara yang dapat mereka lakukan untuk menghadapinya,” Menurut Maulana Magribi selaku Ketua Penyelenggara.

Apresiasi diungkapkan Kepala Sekolah TK Padmosari. Menurutnya kegiatan ini meningkatkan antusias dan bersemangat karena mendapatkan suasana belajar yang berbeda dari teman-teman mahasiswa.

“Apalagi mereka juga disajikan dengan buku cerita bergambar yang menarik ditambah lagi dengan gerak dan lagu sehingga pesan edukasi tentang bencana serta peduli lingkungan mudah tersampaikan dan dapat bermanfaat untuk anak-anak”.” Tambah Kepala Sekolah TK Padmosari, Ibu Alpini, S.Pd. (JG)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button