ACEH

Pengumuman Lomba Desa Gamawar Tingkat Kabupaten Aceh Utara Tahun 2023

BeritaNasional.ID | Aceh Utara, Aceh – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara secara resmi mengumumkan para pemenang hasil kegiatan perlombaan Gampong Mawadah Warahmah (Gamawar) tahun 2023.

Acara ini digelar di Pendopo Bupati Aceh Utara, Selasa, 11 Juli 2023, turut dihadiri oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, Ketua TP-PKK Aceh Utara Nurmaziah, SE.Ak, MSi, Asisten I Setdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, Asisten ll Ir Risawan Bentara, MT, Staf Ahli Bupati Halidi, SSos, MM, para Kepala SKPK, para Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, beserta para geusyik dan Ketua TP-PKK desa binaan Gamawar dalam Kabupaten Aceh Utara.

Ketua TP-PKK Aceh Utara Nurmaziah, SE.Ak, MSi, dalam laporannya antara lain mengatakan bahwa program TP-PKK untuk menggerakkan semua komponen dan potensi untuk menjadi lokomotif penggerak kesejahteraan masyarakat.  Lomba Gamawar yang dilaksanakan ini merupakan salah satu gerakan atau perlombaan untuk menggiatkan gerakan pemberdayaan di tingkat desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam mendorong gampong yang berkualitas, saya berharap kepada TP-PKK dapat bergandeng tangan dengan semua elemen masyarakat agar menjadi penyedia layanan yang optimal,” harap Nurmaziah.

Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba desa Gamawar Tingkat Kabupaten Aceh Utara tahun 2023. Azwardi juga menyampaikan terimakasih kepada panitia pelaksana dan semua pihak yang sudah turut berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Gamawar Tahun 2023.

“Bagi peserta yang tidak berhasil memperoleh juara, jangan berputus asa. Namun hendaknya kegagalan tersebut dapat menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan kapasitas dalam meraih prestasi yang lebih baik lagi ke depan,” ungkap Azwardi.

“Yang diberi amanah untuk menjadi juara pada hari ini adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Jangan merasa puas dengan prestasi itu, tapi teruslah berbuat untuk lebih baik lagi ke depan.”

Pembagian hadiah lomba ini hendaknya dapat memotivasi seluruh kader PKK di gampong untuk tetap berprestasi dan tetap membina keluarga, sehingga dapat berdaya saing untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. “Kepada seluruh kader PKK agar dapat menyelesaikan seluruh tugas dengan baik, oleh sebab itu kader TP-PKK sangat dituntut untuk mau belajar.”

Belajar dari peraturan yang terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan, belajar dengan mengikuti pelatihan yang diadakan TP-PKK Aceh Utara atau mitra kerja yang lainnya, belajar dari pengalaman pada saat ke lapangan, dan belajar dengan berbagai cara lainnya.

Berbagai program dan kegiatan yang telah di jalankan selama tahun 2023 ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi, sehingga kita semua dapat mengetahui sudah sejauh mana Tim Penggerak PKK mampu menjalankan tugas-tugas pokoknya dalam meningkatkan peran perempuan serta memasyarakatkan 10 Program PKK.

“Mari kita jaga terus kekompakan dan kebersamaan antara semua kader, hindari setiap gesekan yang dapat menghambat program kerja. Semoga Allah SWT memudahkan setiap urusan dan bakti kita terhadap Bumi Malikussaleh yang kita cintai ini,” harap Azwardi.

Sekretaris TP-PKK Aceh Utara Zuraidah dalam laporannya membacakan SK berisi para pemenang lomba desa Gamawar tingkat Kabupaten Aceh Utara tahun 2023, masing- masing untuk Juara Favorit adalah Gampong Dayah Teungku Kecamatan Syamtalira Aron,

Juara Harapan 3 Gampong Keutapang Kecamatan Lhoksukon, Harapan 2 Gampong Matang Lada Kecamatan Seunuddon, dan juara Harapan l Gampong Buket Guru Kecamatan Paya Bakong.

Berikutnya Juara lll diraih oleh Gampong Kebon Baro Kecamatan Simpang Keuramat, Juara ll Gampong Keude Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara, dan Juara I adalah Gampong Mane Tunong Kecamatan Muara Batu.

Pada kesempatan itu juga diumumkan para pemenang 10 katagori penilaian kader PKK terbaik, masing-masing Ketua TP-PKK Kecamatan terbaik diraih oleh Kecamatan Dewantara, Ketua TP-PKK Gampong terbaik diraih Gampong Krueng Manyang Kecamatan Kuta Makmur, Sekretaris TP-PKK Gampong diraih Gampong Buket Guru Kecamatan Paya Bakong.

Selanjutnya bendahara TP-PKK terbaik Gampong Krueng Manyang Kecamatan Kuta Makmur, untuk katagori Pokja l diraih Gampong Alue Keurinyai Kecamatan Banda Baro, Pokja ll Gampong Ulee Blang Kecamatan Nisam, Pokja lll Gampong Buket Guru Kecamatan Paya Bakong, Pokja lV direbut Gampong Pulo Blang Trieng Kecamatan Syamtalira Bayu.

Sedangkan untuk katagori Rumah Sehat diraih oleh kader dari Gampong Mane Tunong Kecamatan Muara Batu, dan katagori Aku Hatinya PKK diraih oleh kader Gampong Dayah Teungku Kecamatan Syamtalira Aron.(*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button