AdvedtorialGorontalo

Penjagub dan Sekdaprov Gorontalo Gelar Doa “Tumbilotohe”

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya dan Sekretaris Daerah Sofian Ibrahim menggelar doa tumbilotohe di Rumah Jabatan masing masing, Sabtu (6/4/2024). Tumbilotohe merupakan tradisi malam pasang lampu minyak yang digelar warga Gorontalo mulai malam 27 Ramadan.

Tumbilotohe dalam bahasa Gorontalo berarti menyalakan lampu. Lampu yang dinyalakan merupakan lampu dalam botol kaca bekas berisi minyak tanah atau minyak kelapa dengan sumbu untuk menyalakan api.

“Ini tradisi yang selalu kita lakukan setiap tiga hari menjelang lebaran. Tahun ini mengangkat tema Green Tumbilotohe. Jadi, lampu yang kita pasang itu sumber apinya menggunakan minyak kelapa bukan minyak tanah, sehingga dia lebih ramah lingkungan,” ujar Sofian.

Bagi warga Gorontalo malam tumbilotohe dimaknai sebagai penerang jalan ke masjid untuk beribadah dan menjemput malam lailatul qadar. Lampu botol yang dinyalakan setiap rumah biasanya menandakan jumlah orang yang bermukim di rumah tersebut.

Doa tumbilotohe juga dilaksanakan di Rujab Sekdaprov Gorontalo Sofian Ibrahim bersama istri.
Belakangan tradisi ini semakin tergerus dan mengalami pergeseran nilai. Malam tumbilotohe menjadi ajang warga melihat keindahan lampu botol yang dipasang di rumah dan di sudut sudut kota. Tidak hanya itu, langka dan mahalnya minyak tanah membuat warga mengganti lampu botol dengan lampu listrik.

“Karena sekarang ini memang terjadi kepadatan di beberapa titik, maka masyarakat diharapkan untuk selalu menjaga keamanan dan tetap berhati-hati apabila berada di pusat keramaian. Kemudian juga apabila meninggalkan rumah untuk menikmati festival Tumbilotohe misalnya, atau pergi berbelanja tolong tetap hati-hati, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya.

Doa Tumbilotohe di Rujab Sekdaprov dirangkaikan dengan doa “moheupa fitara” atau menyerahkan zakat fitrah. Sofian dan keluarga menyerahkan zakat fitrah kepada yang berhak.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button