AdvedtorialGorontaloPemerintahan

Penjagub Gorontalo Kenalkan Falsafah dan Wisata Gorontalo kepada peserta Seminar APPSI

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya membuka seminar nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin, (27/11/2023). Pada kesempatan itu, Ismail memperkenalkan falsafah Gorontalo yang terkenal dengan “Adat Bersendikan Syara’, Syara Bersendikan Kitabullah”.

Falsafah yang memiliki arti “Hukum adat berdasarkan hukum agama, hukum agama berdasarkan Alquran” ini , ia kenalkan pada seluruh peserta seminar APPSI perwakilan dari tiap provinsi se-Indonesia. Menurutnya, falsafah ini mirip dengan yang ada di Sumatra Barat.

“Saya tidak tahu, kenapa falsafahnya hampir sama dengan Sumatra Barat. Tapi memang sejarahnya, falsafah ini diajarkan kepada kami sebagai masyarakat Gorontalo. Semoga, selama berada di Gorontalo, para peserta seminar mendapatkan kesan yang baik dan menyenangkan,” harap Ismail.

Tidak hanya itu, Ismail juga memperkenalkan tempat-tempat wisata yang ada di bumi Serambi Madinah tersebut. Dimulai dari wisata Hiu Paus, wisata pemandian, sampai dengan wisata bersejarah. Olehnya, ia mengajak seluruh peserta untuk menikmati waktu mereka di Gorontalo dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata.

“Kami mengajak Bapak-ibu setelah seminar ini, jika belum pernah melihat Hiu Paus, kami punya lokasi Wisata Hiu Paus yang bisa melihat Hiu Pausnya secara dekat. Hanya 10-15 meter dari tepi pantai,” katanya.

Setelah wisata Hiu Paus, Ismail turut menyebut wisata Taman Laut Olele yang terkenal dengan keindahan terumbu karang. Wisata yang berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango tersebut bisa ditempuh dengan estimasi 20 menit perjalanan dari pusat kota dan hanya berjarak tiga sampai empat KM dari Wisata Hiu Paus.

“Bukan cuman itu, kami juga punya wisata lainnya, seperti pemandian air panas di Pentadio Resort dan Lombongo. Bahkan ada obyek wisata bersejarah yaitu Benteng Otanaha peninggalan bangsa Portugis. Dan itu bagus sekali dikunjungi,” tandasnya.

Peserta seminar kali ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum APPSI, Al Haris melalui zoom meeting. Dewan Pakar APPSI Ryaas Rasyid, para gubernur atau perwakilan dari tiap provinsi, Penjabat Sekdaprov dari tiap provinsi, para asisten, staf ahli, dan pimpinan OPD, forkopimda, serta pimpinan instansi vertikal yang ada di lingkup Provinsi Gorontalo. (adv/noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button