Daerah

Penyuluhan Stunting Menjadi Rangkaian TMMD Reguler ke-115 Kodim 0117/Aceh Tamiang

BERITANASIONAL, ACEH TAMIANG — TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-115 Kodim 0117/Aceh Tamiang turut melaksanakan kegiatan nonfisik diantaranya ‘Penyuluhan Sosialisasi Stunting’ serta ‘Pos Binaan Terpadu (Posbindu) kepada masyarakat Simpang Kiri Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (11/10/2022)

Dansatgas TMMD Reguler Ke-115 Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi. Alfian Rachmad Purnamasidi mengatakan sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan TMMD Reguler ke-115 berupa sasaran nonfisik yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua khususnya ibu-ibu tentang pentingnya asupan gizi.

“Penyuluhan sosialisasi stunting dan Posbindu diselenggarakan guna memberikan pengetahuan tentang mencegah terhambatnya perkembangan otak dan pertumbuhan anak serta asupan makanan dan gizi,” ungkap Dansatgas TMMD Reguler Ke-115.

Dansatgas TMMD Reguler ke-115 memberikan apresiasi karena kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat, ibu-ibu kemauan ingin tahu tentang apa itu stunting dan Posbindu.

“Berharap semua materi yang diberikan oleh para pembicara dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Pejabat Gizi Puskesmas Simpang Kiri pada sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia.

Ia menjelaskan, pendek dan stunting bisa dibedakan dengan memperhatikan kondisi keluarganya. Anak dengan tubuh pendek biasanya terlahir dari orang tua yang tidak terlalu tinggi.

Hal berbeda biasanya dijumpai pada anak stunting yang terus mengalami keterlambatan tumbuh.

Anak stunting biasanya tumbuh lebih lambat sekitar 4 sentimeter tiap tahun di masa pra pubertas.

“Anak stunting juga mengalami keterlambatan masa puber yang biasanya di usia 15 tahun,” katanya.

Ia menambahkan sedangkan Posbindu adalah kegiatan monitoring deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular, gangguan akibat kecelakaan serta tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui Posbindu

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button