DaerahJawa TimurSitubondo

Perahu Diterjang Ombak, Tiga Nelayan Situbondo Selamat

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Akibat diterjang ombak di perairan Kalbut  Situbondo, tepatnya di kordinat 07° 37′ 25” LS – 114° 0′  51” BT, perahu nelayan terbalik dan karam. Beruntung, dalam insiden tersebut tiga nelayan tersebut selamat, Sabtu (9/3/2024).

Mendengar kabar ada perahu nelayan karam akibat di hantam ombak, petugas Satpolairud Polres Situbondo yang dipimpin oleh Kasat Polairud mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi yang dibantu oleh masyarakat Pesisir Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo.

“Ketiga nelayan itu dapat dievakuasi dan di bawa menuju rumahnya masing-masing dalam kondisi sehat. Sedangkan korban atas nama Sadun sempat dibawa ke Puskesmas Mangaran untuk dilakukan penanganan kesehatan,” tutur Kasat Polairud Polres Situbondo.

Saat di evakuasi, kata AKP Gede, Sadun muntah-muntah yang dimungkinkan banyak minum air laut. “Setelah, mendapat penanganan medis, Sadun diperbolehkan pulang oleh pihak Puskesmas,” jelas AKP. Gede Sukarmadiyasa.

Lebih lanjut, AKP. Gede Sukarmadiyasa menjelaskan, pada pukul 05.00 WIB pagi tadi, ketiga korban berangkat melaut di perairan Situbondo menggunakan perahu kayu yang dinakhodai Busali. “Saat akan kembali pulang sekitar jarak 700 meter dari bibir pantai, perahu tersebut dihantam ombak dari sisi kanan yang mengakibatkan perahu tersebut terbalik dan karam. Pada saat kejadian, kondisi cuaca di lokasi hujan disertai angin kencang dan ombak tinggi,” jelasnya.

Dalam inseden ini, sambung AKP. Gede Sukarmadiyasa, tidak ada korban jiwa, yang ada kerugian perahu dan alat tangkap ikan ditafsir Rp. 20.000.000. “Saat ini, kondisi para nelayan tersebut sehat semua,” pungkasnya.

Berikut nama nama nelayan yang selamat Asmojo (60), Busali (55) Nahnoda, dan Sadun (55). Ketiganya nelayan asal Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. (Heru/Bernas)

Perahu nelayan yang diterjang ombak di Perairan Kalbut Situbondo (Heru Hartanto/BeritaNasional.ID)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button