Daerah

Peraih Medali Emas di OSN 2017 Itu Siswi SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Bagi Wulan Maulani, menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat nasional merupakan bagian dari mimpinya untuk meraih medali emas dalam mewujudkan langkah menuju cita-citanya. 

Dan itu dia buktikan saat mengikuti ajang OSN ke-16 yang dihelat pada 2-8 Juli 2017 kemarin di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.
 

“Mimpi itu jadi nyata. Senang dan bahagia bisa meraih medali emas,” ungkap Wulan Maulani, siswi kelas 8 di SMP Bustanul Makmur, Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur ini.

Wulan yang menerima penghargaan di Gelanggang Remaja Kota Pekanbaru, Riau bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ini menceritakan, sejak sekolah dasar (SD) dirinya sudah mengikuti ajang OSN. Namun langkahnya hanya berhasil di tingkat provinsi. Setelah kegagalan tersebut, bukannya membuat ia menyerah. Justru dirinya merasa terpacu dan lebih giat belajar lagi serta optimistis jika mimpinya dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh pasti bakal dijawab oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Waktu SD saya ikut lomba bidang Matematika. Hanya sayangnya saya tidak bisa mewakili Jawa Timur sampai tingkat nasional.Alhamdulillah, akhirnya sekarang bisa membawa pulang medali emas,” ujarnya, Selasa (11/7/17).

Menurut penghoby baca buku bergenre fantasi ini, untuk meraih impian tentu tidak lepas dari peran orang tua dan guru-gurunya. Karena peran merekalah yang senantiasa memberikan energi positif dan motivasi untuk bangkit dikala dirinya mengalami keterpurukan.

“Atas peranan beliau-beliau lah keberhasilan ini bisa saya dapatkan. Saya selalu diingatkan untuk terus belajar dan tidak boleh lelah serta harus terus optimis,” tuturnya.

Diungkapkan Wulan, apa yang saat ini ia raih bukanlah akhir dari perjuangan. Karena masih ada perjuangan lain yang lebih berat, yaitu bisa mengikuti ajang yang sama di tingkat Internasional.

“Belajar itu tidak boleh cepat puas. Saya akan terus giat berlatih supaya bisa ikut ajang internasional. Selain belajar biologi dan fisika, saya juga akan  rajin belajar kimia serta terus melakukan eksperimen-eksperimen,” bebernya.

Saat mengerjaan soal-soal tes dalam lomba, kata Wulan dibutuhkan ketenangan dan penuh keyakinan. Dengan dua modal itu, dipastikan saat menjawab soal-soal yang dihadapkan akan mengalir begitu saja.

“Tenang dan yakinlah dengan apa yang kita kerjakan. Persiapan paling utama haruslah dibarengi doa agar kita mendapatkan yang terbaik,” pungkasnya.
(*Hakim Said))
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close