NasionalPolitik

Peresmian TPS3R, Ilham Pangestu Sebut Sampah Adalah Uang

BERITANASIONAL.ID, ACEH TAMIANG – Anggota Komisi V DPR-RI Fraksi Partai Golkar Ilham Pangestu bersama Bupati Aceh Tamiang Mursil meresmikan Tempat Pengolahan Sampah-Reduce,Reuse,Recycle (TPS3R) di Kampung Air Tenang Kecamatan Karang Baru, Sabtu (15/10/2022).

Diketahui pembangunan TPS3R tersebut merupakan aspirasi Anggota Komisi V DPR-RI Fraksi Partai Golkar Ilham Pangestu melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR untuk Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang,

“TPS3R bukan hanya mengatasi persoalan sampah, tapi juga mengubahnya menjadi barang bernilai,” kata Ilham

Menurut Ilham dengan adanya alat ini, masyarakat bisa menjadikan sampah rumah tangga menjadi uang atau pupuk organik.

“Kebetulan kita ini dekat sungai, jangan sampai sampah di sungai lebih banyak dibanding di TPS3R. Di sini sampah bisa dijadikan uang atau pupuk organik. Hari ini sampah adalah uang,” kata Ilham.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Langsa ini mengatakan TPS3R ini bersifat mengelola non ekonomis menjadi ekonomis. Dengan adanya bangunan ini maka diharapkan kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai.

“Kampung Air Tenang saat ini telah memiliki tempat pengolahan sampah yang bagus, maka dari itu masyarakatnya harus bisa menjaga lingkungan yang bersih demi terciptanya masyarakat yang Islami,” harapnya.

Sebelumnya Bupati Aceh Tamiang, Musil menilai bantuan yang diberikan Ilham sangat bernilai manfaat tinggi.

Bantuan ini pun dinilainya sebagai salah satu solusi menghadapi ancaman resesi ekonomi dan krisis pangan dunia.

“Sisa makan di rumah jangan dibuang lagi, tapi antar kemari biar diolah jadi pupuk organik. Saya sarankan untuk (masyarakat) Air Tenang polanya ditukar saja, sampah tukar pupuk organik. Kalau masyarakat luar boleh bayar,” kata Mursil.

Keberadaaan alat ini dinilainya bisa dimanfaatkan masyarakat dengan memanfaatkan halaman untuk menanam sayur mayur.

“Tidak usah banyak, cukup lima polybag. Nanti pupuknya dipasok dari sini, jadi untuk urusan cabai atau bawang tidak perlu beli lagi,” ujarnya sembari menambahkan bahwa Ilham Pangestu telah ikut andil membangun Aceh Tamiang.

“Beliau ini DPR RI yang paling sering turun ke mari, setiap datang ada saja yang dibawanya untuk masyarakat,” sanjung Mursil.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button