ACEHEkonomi

Datok Muttaqin : TPS-3R Mengurangi Angka Pengannguran

BERITANASIONAL.ID, ACEH TAMIANG — Datok Penghulu Kampung Air Tenang Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang merasa lega terhadap pembangunan Tempat Pengolahan Sampah-Reduce,Reuse,Recycle (TPS3R) dan telah diresmikan oleh anggota Komisi V DPR-RI Fraksi Partai Golkar Ilham Pangestu bersama Bupati Aceh Tamiang Mursil, Sabtu (15/10/2022).

Betapa tidak pembangunan TPS-3R aspirasi Ilham Pangestu melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR untuk Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dinilai dapat menyerap tenaga kerja.

“Kami akan menjaga serta merawat TPS3R ini dengan sebaik mungkin. Dan, insyaAllah kami juga akan menjaga lingkungan Kampung Air Tenang sesuai harapan Pak Ilham Pangetu,” sebut Datok Penghulu Kampung Air Tenang Kecamatan Karang Baru Mutaqqin saat peresmian.

Mutaqqin dalam kesempatan tersebut mengatakan ia dan masyarakat sangat berterima kasih kepada anggota DPR RI, Ilham Pangestu yang telah membangun TPS3R.

Kemudian dirinya menjelaskan kepada warganya kalau TPS3R bukan lokasi tempat pembuangan sampah. Dijelaskannya TPS3R merupakan tempat pengolahan sampah yang bisa menciptakan daerah lebih maju.

“Ini bukan sekadar tempat buang sampah, tapi juga bisa mengurangi angka pengangguran,” ungkapnya.

Melalui alat yang tersedia, sampah akan diurai menjadi dua jenis, yakni non-organik akan didaur ulang menjadi barang bermanfaat, sedangkan organik akan dijadikan pupuk. “Ini mata pencaharian juga,” ujarnya.

Diketahui pembangunan TPS-3R aspirasi Ilham Pangestu melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR senilai Rp. 600.000.000 tersebut dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Bersatu Untuk Mandiri.

Setelah bangunan tersebut selesai dikerjakan dan telah diresmikan penggunaannya maka selanjut akan dikelola oleh Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Bersatu Untuk Maju Kampung Air Tenang.

Dalam Gedung Tempat Pengolahan Sampah-Reduce,Reuse,Recycle (TPS3R) tersebut terdapat beberapa jenis sarana prasrana diantaranya Mesin Pencacah Plastik, Mesin Pencacah Kompos, Mesin Scanner/Pengayak serta empat ruangan yang disebut Bata Berongga (Pengelolahan kompos) yang akan menghasilkan pupuk cair dan pupuk kompos.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button