BondowosoDaerahJawa Timur

Perhutani Lakukan Groundbreaking Tanaman Seluas 72,44 ha

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Datangnya musim penghujan yang menandakan telah berakhirnya musim kemarau panjang di tahun 2023. Hal tersebut disambut baik oleh para rimbawan untuk segera menunaikan tugas pokok ikut berperan aktif dalam menanam pohon dalam kawasan hutan.

Sebagai tanda dimulainya kegiatan reboisasi atau penanaman Perum Perhutani KPH Bondowoso melakukan ground breaking tanaman di petak 62B-3 RPH Kembang BKPH Wonosari Sabtu, 23/12/33 yang diikuti oleh seluruh karyawan-karyawati, Ikatan Istri Karyawan Perhutani Cabang KPH Bondowoso, Forkopimcam Tlogosari, tokoh masyarakat dan LMDH.

Disela sela-sela penanaman bibit Pinus, Horsis, Kepala Seksi Pembinaan Sumber Daya Hutan (Kasi PSDH) menyampaikan bahwa pada tahun 2023 diwilayah KPH Bondowoso direncanakan tanaman pada 15 Anak petak (Ap) dengan luas 72,44 ha.

“Yang terbagi di Sub Bondowoso selatan 9 Ap luas 46,24 ha dengan tanaman jenis Pinus, sedangkan di Sub Bondowoso Utara ada 6 Ap luas 26,20 ha jenis tanaman Jati, Sonokeling dan Mahoni. Sementara lokasi grounbreaking ini juga merupakan rencana tanaman 2023 dengan luas 2,50 ha,” pungkasnya.

Ronny Merdyanto S.Hut Administratur Perum Perhutani KPH Bondowoso dalam sambutan saat memimpin apel pasukan mengatakan, tugas pokok seorang rimbawan atau forester adalah melaksanakan penanaman pohon dan memastikan keberhasilannya.

“Karena tanaman merupakan cikal bakal bagi Perhutani untuk memperoleh pendapatan. Untuk itu saya instruksikan agar seluruh petugas melakukan penanaman sesuai tehnik dan petunjuk kerja serta merawat, memelihara keberadaan tanaman sampai akhir daur,” pintanya.

Diakhir sambutannya, Ronny Merdyanto menyampaikan terimakasih kepada jajaran Forkopimcam Tlogosari atas sinergitas dan dukungan penuh yang diberikan kepada Perhutani dalam mengawal keberhasilan tanaman.

Di tempat yang sama, Zulfikar Ardiansyah SH, MM, Kepala Kecamatan Tlogosari mengatakan, Forkopimcam siap memberikan dukungan dan bantuan penuh kepada petugas Perhutani dalam melaksanakan seluruh tugas, agar berjalan baik sesuai harapan bersama.

Pada acara grounbreaking Ronny Merdyanto S.Hut secara khusus mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi khusus kepada 3 orang mandor berprestasi di bidang sadapan getah pinus. Mereka adalah Jasi, mandor RPH Tapen, Nali dan Hadiredjo mandor RPH Pakisan  BKPH Wonosari

 

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button