Daerah

Perhutani Tindak Tegas Pelaku Perusakan Hutan Gunung Salakan

BeritaNasional.ID, BAYUWANGI – Setelah mengetahui pemberitaan terkait pembalakan liar dan perusakan lingkungan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, pihak Perhutani langsung mengambil tindakan tegas. Melalui Wakil ADM Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Muhlisin Saparna, langsung melakukan patroli terjadwal dan pengecekan di lokasi pembalakan liar.

Pihak Perhutani juga melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, yakni Forpimdes dan Kepolisian Sektor Pesanggaran guna melakukan kegiatan pengawasan secara preemtip di lokasi tersebut.

“Kita akan tindak tegas pelaku perusakan lingkungan, dan tidak akan tebang pilih dalam tindakan tersebut, meskipun itu melibatkan oknum dari pegawai Perhutani sendiri,” tegas Muhlisin Saparna, Senin (1/2/21).

Kerusakan hutan yang masuk wilayah RPH Pulau Merah, BKPH Sukomade, KPH Banyuwangi Selatan tepatnya di petak 70 C yang memiliki luas lahan 2.763,4 ha merupakan Hutan Alam Sekunder (HAS) yang mana hutan tersebut merupakan hutan resapan yang banyak terdapat sumber mata air.

Lokasi perusakan lingkungan di Gunung Salakan
Lokasi perusakan lingkungan di Gunung Salakan

Bahkan masyarakat sekitar sampai saat ini masih menggunakan sumber mata air dari dalam hutan tersebut untuk mencukupi kebutuhan air bersih setiap harinya. Meskipun hutan yang berada di Gunung Salakan ini merupakan hutan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup warga sekitar, akan tetapi status lokasi hutan sudah masuk dalam bagian IPPKH (Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan) untuk kegiatan ekplorasi emas dan mineral berikutnya.

Adanya kepedulian warga yang melakukan reboisasi secara swadaya, pihak Perhutani siap mendukung sepenuhnya kegiatan masyarakat tersebut. Bahkan Perhutani akan menyediakan bibit beringin untuk di tanam di lokasi hutan yang sudah rusak tersebut.

“Pemeliharaan lingkungan itu perintah Undang-Undang, dan setiap warga negara harus mau melaksanakannya” jelas Wakil ADM ini.

Sebelumnya diberitakan, hutan lindung jadi ajang pembalakan liar. (Hary)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button