Sumatera

Peringatan 131 Tahun GBKP Diisi Dengan Ziarah ke Makam Pekabar Injil dan Eks Ketua Umum Moderamen

BeritaNasional.ID Deli Serdang – Dalam rangka memperingati 131 tahun sejarah penginjilan bagi masyarakat Karo sekaligus berdirinya Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) para rohaniawan bersama jemaat GBKP melaksanakan ziarah ke makam pekabar Injil ke masyarakat Karo di Sibolangit Kabupaten Deli Serdang, Selasa (23/2/2021).

Ziarah itu dipimpin oleh Ketua Klasis GBKP Barus-Sibayak Pdt. Masada Sinukaban, MSi. Setelah itu rombongan juga berziarah ke makam mantan Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. DR Anggapen Ginting Suka dan Pdt. Agustinus Pengarapen Purba, S.Th, MA di desa Sukamakmur kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Sebelumnya ziarah dibuka dengan doa dan nyanyian kidung pujian serta ibadah singkat. Setelah itu, Pendeta beserta rombongan menaburkan bunga sebagai tanda penghargaan kepada para pendahulu GBKP.

Pada kesempatan itu, Pdt Masada Sinukaban, MSi menyampaikan supaya rohaniawan muda GBKP harus menghargai jasa semua para pendahulu yang telah berjuang membesarkan penginjilan GBKP. Termasuk para rohaniawan Zending yang tiba di Buluh Awar yang menjadi cikal bakal GBKP.

Dia berharap untuk ke depannya pengurus dan jemaat GBKP lebih memperhatikan lagi jasa-jasa para pendahulu yang telah berjuang memajukan GBKP. “Semua generasi harus mengetahui tentang sejarah perjuangan pekabaran injil. Ulih Latih Simerdang (hasil atau buah dari pelayanan dari para penginjil) harus menjadi spirit kepada kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Karo,” katanya. (Jeko/Kiel)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button