Jawa Tengah

Peringatan Dini BMKG: Pantai Utara Jawa Tengah Akan Terjadi Rob

BeritaNasional.ID, Jateng – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, menyampaikan peringatan dini banjir pesisir (rob) yang akan terjadi pada Minggu-Senin, (15-16/5/2022).

Dikutip BeritaNasional.ID dari siaran pers BMKG, rob diperkirakan akan terjadi di wilayah pesisir pantai utara Jawa Tengah.

Keadaan tersebut akibat adanya aktivitas pasang air laut yang dapat mempengaruhi dinamika pesisir pantai utara Jawa Tengah.

Menurut BMKG, nantinya aktivitas pesisir pantai terutama nelayan dan petani garam akan merasakan dampak dari adanya ketinggian pasang air laut.

“Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan,” tulis BMKG dalam siaran pers, Minggu 15 Mei 2022.

BMKG juga menghimbau masyarakat pesisir untuk waspada agar dapat mengantisipasi dampak yang akan ditimbulkan.

“Masyarakat pesisir pantai dihimbau waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan fenomena banjir pesisir (Rob),” imbau BMKG.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button