BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Peringatan HARGANAS ke 30, KS SMPN 1 Pujer Terima penghargaan DKK

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) menjadi momen yang spesial bagi Kabupaten Bondowoso. Pasalnya, salah satu insan pendidik di Bondowoso, mantan Kepala Sekolah (KS) SMPN 1 Pujer, Rida Syamsiah, M.Pd., berhasil meraih penghargaan Dharma Karya Kencana (DKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) SMPN 1 Pujer. Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, menyerahkan saat gala dinner dan penganugerahan tanda penghargaan bidang pembangunan keluarga, Bangga Kencana 2023, di Griya Agung, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/7/2023). 

DKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Rida, sapaannya memenuhi persyaratan sehingga dinilai layak menerima penghargaan tersebut. ”Alhamdulillah atas capaian ini, penghargaan ini bukan hanya untuk kami selaku mantan KS SMPN 1 Pujer,  tapi juga semua pihak yang telah bekerjasama dengan baik,” ucapnya saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (05/07/2023).

Salah satu indikasi yang menjadikan Rida menerima penghargaan adalah terbentuknya 100 SSK di Kabupaten Bondowoso pada tahun 2022. Dan saat ini telah terbentuk 147 SSK se Kabupaten Bondowoso pada tahun 2023.

“Oleh karena itu saya ucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso, Kemenag Bondowoso, Cabdin Pendidikan Jatim wilayah Bondowoso, seluruh penyuluh KB, Duta dan Insan Genre, saka kencana, LSM, media serta multipihak yang mendukung penyiapan Generasi Emas Berkualitas Kab. Bondowoso,” ungkapnya.

Tidak hanya menjadi satu-satunya delegasi Bondowoso yang menerima penghargaan dari BKKBN RI, SMPN 1 Pujer juga menjadi satu-satunya yang menerima piagam penghargaan dari BKKBN Jatim setelah berhasil meraih juara 2 sebagai salah satu penyelenggara Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dengan kategori Paripurna Nasional Tingkat Provinsi, Rabu (21/12/2022) tahun lalu.

Penghargaan itu diperoleh, berawal dari ditunjuknya SMPN 1 Pujer pada tahun 2021 menjadi sekolah SSK di Kabupaten Bondowoso. 1 bulan setelah ditunjuk menjadi sekolah SSK, sekolah diminta untuk mengikuti seleksi SSK Paripurna tingkat Provinsi Jatim.

“Jadi kami mulai melakukan persiapan administrasi  yang harus di upload dan melengkapi persyaratan-persyaratan sebagai sekolah SSK Paripurna Provinsi Jatim,” ujar Rida. Mendapatkan kesempatan itu, pihak sekolah langsung melakukan berbagai kegiatan serta berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial (Dinsos) P3AP2KB Kabupaten Bondowoso, penyuluh KB Kecamatan Pujer dan pihak-pihak terkait lainnya untuk melakukan pembinaan kepada siswa agar memiliki kesadaran tentang isu-isu kependudukan.

“Kami melakukan berbagai upaya melalui pengintegrasian kurikulum dengan memasukkan materi-materi kependudukan dalam pembelajaran, membuat pojok kependudukan dan mengintegrasikan isu-isu kependudukan dalam kegiatan kesiswaan,” jelaspnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Bondowoso turut mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh SMPN 1 Pujer. Pihaknya siap mendukung program yang telah dijalankan oleh SMPN 1 Pujer.

“Salah satu bentuk dukungan kami adalah himbauan kepada walimurid untuk tidak menikahkan putra-putrinya di usia remaja. Untuk itu, kami juga menjalankan program Satu Keluarga Satu Sarjana (SAGANA),” kata pak Gik, sapaannya. (Zainul Muhaimin)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button