Daerah

Peringati HPN 2020, Ketua PWI Banyuwangi Minta Wartawan Kedepankan Kaidah Jurnalistik

Jangan Menulis Berita Hoaks

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi menggelar acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Senin (10/2/20) siang. Gelaran secara sederhana ini dilakukan dengan lesehan di Lorong Bambu, depan Gedung Seni dan Kebudayaan (Gesibu).

Hadir dalam acara peringatan HPN 2020 ini, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin SH.SIK.MH, dan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian, Budi. Selain itu, mengiringi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, tampak PJU Polresta Banyuwangi. Kendati sederhana, namun acara berlangsung cukup meriah.

Ketua PWI Banyuwangi, Saifuddin Mahmud mengatakan, sebagai insan pers hendaknya mampu memberikan pencerahan terhadap masyarakat. Kritikan yang membangun itu sangat penting namun dalam penulisan berita harus sesuai kaidah-kaidah jurnalistik. Terlebih, lanjut Saifuddin Mahmud, pada tahun 2020 ini, Banyuwangi akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sehingga peran serta wartawan sangat penting untuk menyajikan berita yang baik, memberikan pencerahan, dan edukasi.

“Memberikan kritik yang membangun itu tidak masalah. Namun dalam menulis berita harus tetap mengedepankan kaidah jurnalistik. Jangan hoaks,” ujar Aif, sapaan akrab ketua PWI Banyuwangi ini.

Dalam kesempatan itu, Aif juga memaparkan kegiatan PWI Banyuwangi dalam rangka memperingati HPN 2020, antara lain melakukan Bhakti Sosial (Baksos) di Desa Grogol, Kecamatan Giri.
“Nantinya, acara puncak HPN 2020 di Banyuwangi kita akan melakukan bedah buku, yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari ini,” ujarnya.

Sedangkan Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, saat menyampaikan sambutannya, menginginkan kepada insan pers, dalam menjalankan tugas jurnalistik harus berpegang pada tiga Ko, yakni koordinasi, Komunikasi dan kolaborasi.

“Jika tiga Ko ini dilakukan, apa yang dikerjakan oleh insan pers akan mudah dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” tandasnya.

Sementara Kadis Kominfo dan Persandian, Budi, meminta kepada wartawan untuk menulis berita yang membangun, dan memberikan informasi yang baik terhadap masyarakat.

“Saya berharap kepada wartawan, agar mampu menciptakan Banyuwangi yang baik, dan memberitakan berita yang membangun, serta edukatif,” pintanya.

Selain dihadiri Kapolresta Banyuwangi, Kadis Kominfo dan Persandian Banyuwangi, peringatan HPN 2020 ini juga dihadiri puluhan anggota PWI Banyuwangi serta beberapa insan pers lain dari organisasi yang berbeda. Acara tersebut juga dimeriahkan artis Banyuwangi, untuk menghibur wartawan dan anggota Polresta yang hadir di acara HPN pada Senin siang itu. Bahkan Kapolresta dan Kasatlantas Polresta Banyuwangi sempat menyumbangkan suara emasnya. (red) 

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close